1 Agt 2014

Cara Analisis Memilih Keyword yang Tepat

Pertama kenal dengan dunia blogging serasa masih awam, belum tahu seluk beluk ini itu. Bearawal dari tugas membuat blog sampai akhirnya kepincut untuk memainkan dunia online dengan ilmu yang didapat dari internet. Semakin lama kenal dengan dunia blogging akhirnya kenal dengan yang namanya SEO.

Cara Memilih Keyword
Cara Memilih Keyword
Seo merupakan strategi untuk mendapatkan rangking pertama google dengan teknik-teknik yang telah banyak ditulis oleh blogger. Didalam seo ada yang namanya keyword, suatu kata yang tertarget dengan kompetisi blogger lain. Nah kesempatan kali ini Andi Rofiek akan membahas bagaimana cara memilih keyword yang baik untuk bisa mendapatkan rangking 1 google.

1. Gunakan keyword secara detail. Sebuah website harus mempunyai tema yang jelas, misal tentang teknologi. Contoh : ada Keyword "cara buat twitter" ini adalah keyword umum, yang keluar pasti banyak.kemungkinan besar akan ada banyak kompetitor, ini hal yang perlu dihindari karena website belum memiliki otoritas secara khusus . Pelajari keyword apa yang memungkinkan anda target sesuai dengan konten anda, namun memiliki persaingan cukup rendah. Saran saya gunakan http://www.google.com/adwords (google keyword planner ) untuk analisis keyword secara keseluruhan. Atau bisa gunakan mesin pencari google dengan mengetikan konten kita yang dijadikan target keyword ini juga yang disebut google Suggestion. 

2. Gunakan Longtail keyword pada keyword yang ditarget. Memaksakan keyword untuk jadi yang utama namun banyak kompetitor itu semakin sulit. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu diusahakan dengan menambah keyword atau yang biasa disebut longtail keyword. Misalkan: keyword “cara membuat website” ada hampir 5juta hasil pencarian. Namun jika ditambahan “cara mudah membuat website” , hasil pencarian akan menyusut tinggal 1juta. Saran saya gunakan longtail keyword dengan bijaksana, analisis dulu kekuatan keyword utama baru tambahkan keyword lain yg ditarget.

3. Perluas keyword sesuai kebutuhan. Jika website yang sudah mempunyai tema jelas dan tertarget perluasan keyword harus diperhatikan. Jika keluar dari niche website apakah akan muncul pada halaman utama? Atau hanya ikut-ikutan apa yang menjadi trend pencarian di search engine. Oke.. kebutuhan pembaca memang beragam namun perlu diketahui dengan analisis yang kuat dan penargetan keyword yang jelas maka keyword - keyword yang sesuai niche website akan bermunculan. Itu karena terbiasa dengan menganalisis dan mencari keyword apa yang baik dimata search engine menjadikan keyword itu semakin mudah. Gunakan mindmipping untuk menggambarkan alur konten yang akan ditulis, itu akan semakin mudah kedepan arah blog anda.

4. Analisis pengunjung melalui traffic webblog. Sekarang bagaimana kita menganalisis dari traffic, sebuah website yang paling utama adalah traffic. Lebih banyak pengunjung maka akan memungkinkan kita untuk mendapatkan receh dari internet. Dasar traffic website anda banyak dikunjungi dengan keyword yang mana. Dengarkan pembaca maka keyword makin kaya. Dan anda pun semakin kaya dengan internet. Gunakan google analytics untuk analisis kebiasaan pengunjung di blog anda. Jika belum tahu bagaimana cara menggunakan google analytics silahkan mampir disini.

Jika masih ada yang kurang silahkan tambahkan sendiri dengan versi anda. Terus analisis keyword yang sesuai dengan niche blog anda dan ciptakan keyword-keyword yang kompetitif sampai keyword bukan lagi dipikirkan melainkan menjadi insting tersendiri. Jika anda merasakan sudah cukup sukses untuk analisis keyword yang bagus maka bantu artikel dengan optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page.

Terima Kasih

Previous
Next Post »

15 comments

YobertParai Blog delete 5 Oktober 2013 19.42

Masukan yang bagus sob, sy sampai sekarang belum bisa menemukan tips yang tepat untuk blog saya, semoga tips kali ini bisa memberikan pencerahan baru :)

lam kenal sob....

Andy Rofiek delete 6 Oktober 2013 09.04

Oke sama-sama..
Semoga bisa memilih keyword yang baik

Ary Darma delete 8 Oktober 2013 12.25

udah sampe thp 4 nih gan....thanks infonya yaaa

bateraibb delete 14 Oktober 2013 18.23

nice tips mas,,,
alhamdulillah memang coba nerapin spt itu

Andy Rofiek delete 17 Oktober 2013 07.53

oke gan sama2.. sama belajar :-)

Andy Rofiek delete 17 Oktober 2013 07.55

wokeh silahkan dicoba ya.. mumpung Google hummingbird masih ada. keyword yang semakin kreatif bakal nyantol .

Mohd Selim Zainal delete 5 November 2013 15.08

Assalammualaikum....

ziarah sini daripada malaysia.. baca pasal teknik keyword agar mesra carian google..

mselim3

mselim3

obat infeksi saluran kemih alami delete 12 Desember 2013 09.59

terimakasih informasinya sangat membantu

Center60 delete 20 Desember 2013 14.54

Trimakasih banyak ya mas ... :) salam kenal

grosirnet delete 26 September 2014 21.28

terimakasih banyak mas ilmunya, sangat bermanfaat, salam kenal ya mas!!

rolli putra delete 5 November 2014 13.06

mantap infonya gan

agath delete 30 Desember 2014 11.04

tips yang sangat bermanfaat bro, kebetulan ane baru bikin situs nih. Semoga sukses bro.

ety ariyanti delete 31 Desember 2014 14.59

Makasaih mas sedang coba meningkatkan traffic nih bimbel-nine.cobatahu.com

mockie delete 22 Januari 2015 22.12

wah makasih mas gan tips nya, dari kemarin masih berkutat tetang cara mencari keyword yang tepat buat blog, masih baru belajar bikin blog soal nya, sip bisa dicoba praktik nih hehehe :)

Officer delete 19 Maret 2015 15.37

makasih banyak atas infonya. sangat bermanfaat. Saya sudah coba pakai google adwords. kunbal www.mba-sensational.com

Poskan Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini