6 Agt 2014

Cara Optimasi SEO On Page

Cara Optimasi SEO on page ini sudah saya lakukan pertama kali awal blogging tahun 2010. Dengan pengetahuan yang minim dan tidak ada guru yang mengajarkan maka prioritas saya waktu itu adalah bagaimana membuat blog baik di mata mesin pencari terutama google.

seo on page


Tanpa backlink dan pengetahuan akan SEO, saya melakukan optimasi terhadap blog yang menjual software POS. Hasilnya sangat menggembirakan waktu itu karena tergolong masih mahasiswa dan bisa menjual puluhan software dengan keuntungan 1juta/software. Senang rasanya karena awal mendapatkan uang sendiri ya dari hal tersebut.

Ups, melenceng dari tema tapi tidak apa-apa itu sebagai spirit aja untuk mengetahui hasil dari SEO. Oke, kita lanjut lagi ya SEO On Page nya. Dari uraian yang dituliskan pada jenis Teknik SEO sudah tahu bukan faktor apa saja yang memperngaruhi SEO On page. Sekian dari faktor tersebut akan kita bahas kali ini. Bersiap untuk menyimak dan menghasilkan uang dari internet bukan? Ayo lest Go go go…

  • Title Tag (Judul)

Title tag mempunyai peran paling besar dalam SEO On Page. Ini menitik beratkan pada kata pertama yang menjadi sasaran  search engine dalam membaca judul terlebih. Judul yang baik adalah judul yang mengandung keyword tertarget. Contoh saja “cari usaha” namun dengan judul yang singkat maka kemungkinan untuk menjaring keword lebih banyak akan sulit. Dan lebih baik lagi jika keywordnya menjadi “cara cari usaha modal kecil”. Itu akan lebih enak untuk dibaca dan tentunya banyak mengandung keyword turunan.

Perhatikan dalam memilih keyword untuk judul karena baiknya sebuah judul itu maksimal 70 karakter. Jadi usahakan kata yang utama jadi target berada di depan judul. (Baca: Cara Analisa Keyword yang tepat)

  • Meta Description

Penggunaan meta description pada blog terutama jenis blogspot sudah bisa di setting secara manual dengan cara mengisi box description yang ada pada setiap postingan. Perlu diperhatikan ketika mengisi description adalah panjangan kata tidak lebih dari 150 kata karena setelah itu akan terpotong oleh snippet search. Usahakan tidak mengulang kata yang sama sampai 3 kali karena ini bisa di indikasi spam oleh search engine. Dan padatkan kata dengan kata yang tertarget pada setia bagian namun relevan terhadap konten.

Penerapan pada title tag dan meta description bisa saja menggunakan strategi keyword proximity yaitu kata kunci yang memakai faktor kedekatan, lalu digunakan mesin pencari (atau relevansi) yang ada di dekatnya. Faktor dekatnya kata kunci akan mengacu pada seberapa dekatnya kata kunci yang membentuk kalimat dengan satu sama lain. Sebagai contoh “Jual nasi uduk murah di jogja” dengan keyword tersebut bisa saja menjadi : jual nasi, nasi uduk, jual nasi jogja, jual nasi murah, nasi uduk jogja dan sebagainya. Teknik tersebut banyak saya gunakan untuk website toko online yang kemungkinan besar banyak mengundak konversi hanya dengan satu title dan meta description saja.

  • Permalink / URL

Pada url yang ada pada postingan usahakan menjadi keword dalam pencarian. Generate otomatis  title untuk URL sudah bagus menurut saja namun hal tersebut belum maksimal. Untuk memaksimalkan URL postingan blog maka perlu custome URL ketika akan posting artikel.

Jika judul terlalu panjang maka terpotong otomatis. Maka contoh judul yang baik adalah http://language-komputer.blogspot.com/2014/08/apa-itu-seo.html . Tidak terlalu panjang dan sangat menargetkan keyword.

  • Heading tag

Buatlah herarki heading yang baik dengan struktur H1 hanya ada satu pada setiap halaman diikuti dengan beberapa H2, H3 dan H4. Ini cukup berpengaruh pada faktor SEO karena merupakan penekanan terhadap sebuah keyword yang efektif.

Heading blog yang benar


  • Internal Link

Kenapa wordpress itu bagus secara SEO? Setelah diteliti struktur internal link pada wordpress mempunyai nilai yang bagus. Dalam membangun internal link usahakan postingan satu dengan yang lain salin berhubungan. Atau bisa juga dengan halaman utama blog. Ini juga mempunyai dampak terhadap pembaca yang ingin tahu penjelas lebih jelas dari kalimat yang ada dalam postingan.

  • Quality Content

Banyak master SEO yang membicarakan content is the king, namun ada juga yang bilang ah tidak percaya dengan konten yang penting backlink. Saya termasuk orang yang percaya konten itu sangat berpengaruh bagi kebaikan blog. Dari awal mulai ngeblog konten adalah andalah saya untuk masuk kejajaran page one saat jualan dulu. Jadi buatlah konten yang menarik dan mempunyai nilai lebih. Jika berkenan silahkan baca cara membuat artikel SEO yang baik. (Baca: Cara Membuat Konten SEO friendly)

  • SEO image

Ini adalah bagian dari on page yang cukup memberi dampak. Dengan hanya menamah atribut alt dan title pada setiap gambar maka kemungkinana besar gambar masuk page one jadi mudah.

Oke deh cukup sekian bahasan tentang cara optimasi SEO Onpage. Mungkin masih banyak yang kurang dan perlu perbaikan mari kita diskusi lagi disini.


Previous
Next Post »

1 comments:

ijen tourism delete 25 Januari 2015 22.44

bermanfaat gan makasih

Poskan Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini