6 Agt 2014

Jenis Teknik SEO

Setelah tahu apa itu SEO, Kita akan bahas lebih dalam lagi bagaimana SEO itu berjalan dan Ada berapa teknik SEO yang digunakan. Sebenarnya SEO mempunyai perkembangan yang luas dan cepat. Ini terbukti dengan adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan oleh mesin pencari terbesar (Google) untuk mengatasi konten yang tidak berkualitas dan tidak relevan masuk ke pencarian atas Google. Dari banyaknya mesin pencari Google memiliki peran paling besar dan paling banyak digunakan oleh masyarakat seluruh dunia. Hingga orang awam ketika mengatakan internet ya itu google.


Eh, jadi kelupaan bahas teknik SEO. Dari awal adanya SEO sampai sekarang ada 2 jenis teknik yang tidak pernah akan hilang yaitu SEO On page dan SEO Off Page. Apa defisini kedua teknik SEO tersebut kita dapat uraikan dibawah ini.


1. SEO On page
Teknik SEO On Page merupakan teknik optimasi website yang menitik beratkan pada  optimasi secara internal atau dari dalam suatu website yang di dalamnya meliputi CSS yang ringan (cukup), tulisan artikel yang ada berkualitas tinggi, mempunyai theme yang eye cacth (enak dilihat) dan terdapat link-link yang baik, yang berguna untuk memudahkan pembaca dalam mencari informasi lainnya. (Anggi, 2012)

Ada beberapa faktor penting dalam membangun SEO On page. Faktor ini sangat berpengaruh dalam kasus optimasi internal website. Faktor tersebut sudah saya buktikan dengan beberapa eksperimen dan kenyatanya berhasil. Berikut adalah faktor penting dalam SEO On page:
  • Title Tag
  • Meta Description
  • Heading Tag
  • Permalink
  • Internal Link
  • Quality Content dan
  • SEO Image (Jika mempunyai Gambar)

Untuk langkah optimasi silahkan perbanyaklah reverensi dan panduan agar mencapai titik nilai SEO yang baik. (Baca: Cara Optimasi SEO ON Page Blog)

2. SEO Off Page

SEO Off Page Merupakan Teknik mengoptimalkan halaman blog / website dari sisi external supaya mendapatkan posisi peringkat blog / website yang lebih bagus di search engine. (Mellia M, 2012)

Untuk SEO Off Page ini, kita hanya perlu melakukan link building atau membangun link. Kunci utama dari SEO terletak pada proses SEO Off Page ini, serta bisa dibilang memiliki peran sampai 80%. Namun, jangan karena SEO Off Page ini memiliki peran yang besar, lalu tidak melakukan SEO On Page karena hasilnya juga tidak akan maksimal.

Backlink adalah faktor utama dibalik sukses SEO Off page. Adanya link yang mengarah pada website anda mempunyai nilai lebih karena Search engine menggangap hal tersebut sebagi suatu nilai relevansi dari website lain. Untuk dapat menjalankan backlink yang baik maka perlu adanya strategi backlink yang bisa anda dapatkan di cara optimasi backlink.

Selain backlink, ada cara lain dalam optimasi SEO off page yaitu dengan promosi blog, iklan dan dari apa lagi ya pikirkan sendiri jangan manja. (Baca: Optimasi SEO Off page)

Oke deh saya kira cukup penjelasan tentang Jenis Teknik SEO yang sudah pasti digunakan dan tidak akan luntur oleh zaman.

Semoga Bemanfaat!!

Sumber:
Anggi.2012.Yogyakarta

Mellia.2012.Yogyakarta

Previous
Next Post »

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini