10 Pantai Terindah di Yogyakarta

blogger templates
pantai, pantai jogja,pantai parangtritis

Pantai terindah di yogyakarta - Banyak orang yang berwisata ke yogyakarta tetapi belum tahu pantai-pantai mana saja yang indah dengan panorama pemandangan laut yang menawan.yogyakarta sebenarnya mempunyai banyak pantai yang Indah tetapi masih jarang di datangi oleh Wisatawan Asing. Disini di paparkan keindahan 10 pantai di yogyakarta.


pantai jogja
1. Pantai parangtritis

Siapa tak kenal pantai yang satu ini. Sejak zaman dahulu, komplek pantai Parangtritis telah terkenal, tidak saja sebagai kawasan rekreasi pantai, tetapi juga terkenal sebagai tempat yang memiliki banyak peninggalan sejarah, khususnya yang berkaitan dengan legenda Kanjeng Ratu Kidul atau Ratu Penguasa Laut Selatan.




pantai siung, pantai wonosari, pantai terindah diwonosari
2. Pantai Siung

Pantai Siung terletak di sebuah wilayah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sebelah selatan kecamatan Tepus. Jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan. Menjangkau pantai ini dengan sepeda motor atau mobil menjadi pilihan banyak orang, sebab memang sulit menemukan angkutan umum. Colt atau bis dari kota Wonosari biasanya hanya sampai ke wilayah Tepus, itupun mesti menunggu berjam-jam.

pantai baron, pantai-panati di yogyakarta, pantai selata yogyakarta
3. Pantai Baron

Pantai Baron, pantai paling populer di Gunungkidul, karena pantai ini adalah pantai pertama yang akan ditemui jika mengunjungi gugusan kecup mesra laut dan daratan, simbol keelokan wisata pantai Gunungkidul. Jajaran Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal dan Pantai Sundak berderet di sana, memanjakan pengunjung akan keriuhan ombak pembawa kedamaian kalbu

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 20 km arah selatan kota Wonosari (40 km dari kota Yogyakarta). Pantai yang menjadi saksi pertemuan antara air laut dan air tawar, yang merupakan hasil dari sungai yang bermuara di satu sudut pantai baron, sebagai perlambang berpadunya dua hati meski dengan perbedaan latar belakang.

pantai kukup
4. Pantai kukup

Pantai Kukup berada sekitar 25 km ke arah selatan dari Kota Wonosari. Jika dari Jogja menuju ke pantai ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Jalanan menuju pantai ini berkelok-kelok dan naik-turun. Jadi harap berhati-hati jika menggunakan kendaraan menuju kesini.
Di pantai ini terdapat pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan. Dari atas pulau karang ini kita bisa melihat indahnya hamparan pantai yang sangat luas disertai deburan ombak yang cukup besar. Meskipun siang hari, jika berada di pulau karang ini akan terasa sejuk karena angin yang bertiup cukup kencang.

pantai krakal
5. Pantai Krakal

Pantai Krakal dapat dicapai melalui jalan sepanjang 6 kilometer dari kawasan pantai Kukup, sehingga pantai Krakal merupakan mata rantai perjalanan setelah mengunjungi pantai Baron dan pantai Kukup. Jarak pantai Krakal dari Yogyakarta lebih kurang 65 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam.
Perjalanan menuju pantai Krakal ini juga melintasi bukit - bukit kapur, diselingi dengan teras - teras batu karang. Hal ini merupakan ciri dari daerah karst yang dikelola penduduk. Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman yang silam, daerah ini merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan yang terjadi pada kerak bumi, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu - batuan karang yang nampak pada waktu itu merupakan bekas rumah binatang karang yanghidup di air laut saat itu.

Pantai Krakal merupakan pantai yang paling indah, di antara seluruh hamparan pantai di sepanjang pulau Jawa. Pantai ini akan dibangun menjadi kawasan pantai dan perkampungan wisatawan, khususnya wisatawan asing, semacam tourist resort Nusa Dua di pulau Bali. Pantai Krakal, bentuk pantainya landai, berpasir putih, terhampar sepanjang lebih dari 5 kilometer. Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hingga petang hari sepanjang tahun. Angin laut yang terhembus sangat sejuk, ombaknya cukup besar.

pantai sundak
6. Pantai Sundak

Terlatak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.Nama pantai Sundak mulai digunakan setelah pantai ini menjadi tempat pertarungan anjing dan landak. Pertarungan terjadi karena seekor aning yang sedang kelaparan secara kebetulan berjumpa dengan seekor landak. Disana, terdapat batu-batu karang kecil berjajar dan menjadi persembunyian biota-biota laut. Daya tarik lain pantai ini adalah pohon-pohon yang membuatnya sejuk, hembusan angin laut diosekitar pantai akan semakin membuat kita betah dan ingin kembali kesini.

pantai indrayanti
indrayanti beach
7. Pantai Indrayanti

Sebuah pantai, dengan hamparan pasir putihnya yang sangat eksotis dan menawan, bersih, laut yang aman dan nyaman untuk berenang, dan tebing-tebing pinggir pantai yang asyik untuk memancing, itulah sedikit gambaran dari Pantai Indrayanti di Gunung Kidul, Yogyakarta. Memang, Pantai Indrayanti ini sendiri merupakan sebuah pantai yang belum begitu populer dibanding pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul, namun, meski begitu, pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya. Sudah ada beberapa bangunan penunjang wisata di Pantai Indrayanti ini, jika anda membawa keluarga, dan ingin melewati malam di pantai ini, anda bisa menyewa pondok yang tersedia disini.

pantai ngrenehan
8. Pantai Ngrenehan

Terletak di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari + 30 km disebelah Selatan Kota Wonosari. Suatu pantai berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih.
Para wisatawan dapat menyaksikan aktifitas nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh. Masih dalam satu kawasan dengan Pantai Ngrenehan + 1 Km. di sebelah Barat terdapat pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Setiap Bulan Purnama pada hari Raya Nyepi di Pantai Ngobaran dilaksanakan upacara Melasti.

pemecah ombak pantai glagah
9. Pantai Glagah

Pantai Glagah terletak di Kabupaten Kulon Progo, lebih kurang 40 km dari kota Yogyakarta. Pantai ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum bus atau micro - bus jurusan Yogyakarta-Purworejo hingga di persimpangan jalan menuju pantai Glagah. Dari persimpangan jalan ini, para pengunjung yang tidak mem-bawa kendaraan sendiri dapat meminta jasa “ojek”, yakni membonceng kendaraan bermotor beroda dua. Bagi para pecinta hiking, menempuh jarak tersebut dengan jalan kaki merupakan perjalanan yang sehat dan mengasyikkan.

pantai samas
10. Pantai Samas

Pantai Samas ini dikenal memiliki ombak yang besar dan terdapat delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga. Telaga-telaga tersebut digunakan untuk pengembangan perikanan, penyu, dan udang galah serta berbagai lokasi pemancingan.
Disebelah Barat terdapat Pantai Patehan dengan panorama yang indah Lokasi : di Desa Srigading, Kec. Sanden kurang lebih 24 Km dari yogyakarta ke arah Selatan. Atraksi/Event Wisata : Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro, Labuhan Sedekah Laut, Pentas Seni Budaya ( liburan dan lebaran ).

10 pantai di jogja  ini merupakan satu gugusan pantai sepanjang pantai selatan yogyakarta yang sebagaian banyak di daerah wonosari. 

Semoga wisata yang indah ini dapat terjaga dengan baik. ayo berwisata ke jogja kembali dengan tujuan wisata yang lebih mengasyik.
Comments
20 Comments

20 Responses to "10 Pantai Terindah di Yogyakarta"

  1. ♏ªǚ nanya nih..letak tepatnya pantai Indrayanti di Sebelah mana?dan benarkah ada pondokan Ɣªήğ bisa disewa? Terimakasih.

    BalasHapus
  2. di wonosari, gunung kidul dekat pantai sundak...ya ada penginapan, gazebo dll....

    BalasHapus
  3. Indrayanti kerenlah pokoknya, enaknya juga letaknya persis di pinggir jalan. ada penyewaan jetski (kalo ga salah namanya sih) juga tuh.

    BalasHapus
  4. aku suka pantai krakal, udh 3 kali ksna tapi msh kangen lagi, bagus bgt

    BalasHapus
  5. Saya tdk nyangka kalo di pulau Jawa banyak pantai yg indah indah. Sayang sekali kalo kita sebagai tourist tdk tahu. Kenapa tourist2 asing hanya pergi ke Bali dan Lombok untuk berlibur di pantai. Diantara tourist itu adalah saya sendiri.
    Next time I will visit one of the beaches of Jogyakarta. I like them all.

    BalasHapus
  6. keren-keren ternyataa..jadi pengen ke pantai di gunungkidul..makasih infonya

    BalasHapus
  7. kereennnn .... msh kurang 3 pantai yg blm dikunjungi ;)

    BalasHapus
  8. indrayanti mantab dah,,pasir nya putih aer nya biru kehijauan msh alami bngt bersih jg tmpatnya......
    jogja top dah pantai2nya....

    BalasHapus
  9. pengen ke 10 pantai semuanya,,,yang pernah cuma dipntai depok sama parangtritis,,,jadi pengen kesana

    BalasHapus
  10. Ternyata banyak pantai yg indah di Yogya. Aku taunya parang tritis doang...

    BalasHapus
  11. tambah lagi pantai wedi ombo, ngobaran.

    BalasHapus
  12. indrayanti | kukup | baron | paris(parangtritis) | kurang 6 pantai lagi, indrayanti lebih kerennn baadaiiiii

    BalasHapus
  13. Selamat pagi, INFORMASI yg disampaikan sangat MENARIK sekali, sehingga bisa MEMIKAT pengunjung dari luar Kota, atau pun MANCANEGARA

    Semoga SUKSES dan MAJU selalu.

    dari http://www.pembicarainternetmarketing.com/
    081 333 841183 (Telkomsel)

    BalasHapus
  14. ada info ttg pantai Drini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantai Drini dekat dengan pantai sundak. sebelum pantai sundak pokoknya

      Hapus
  15. Rest Area Jalur Wisata Solo – Pantai Indrayanti ... Rest Area Jalur Mudik Solo – Wonosari ...
    HUBUNGI: 085-628-444-56 / 085-227-623-449
    Aneka jajan & Oleh-oleh Grosir & Eceran ...
    (Singkong bakar, tempe kripik, gadung, stik balado, cumi sayur, lipetan, kripik singkong, manggar pedas, makroni, potato stik, kembang jambu, kacang, dll..)

    TOKO MOJOREJO - MOJOREJO MOTOR
    Jl. Raya Watukelir – Semin Gunung Kidul Km.3 Alascilik (Pule)
    Tegalgiri, Krajan, Weru, Sukoharjo
    (600 meter utara pasar Candirejo-Semin)
    Toko warna warni sebelah timur jalan.. Habis tanjakan dari arah solo setelah balai desa krajan..
    Buka sampai malam.. Hari Besar & Minggu tetap buka..

    Agar perjalanan anda tetap lancar kami sediakan:
    Ban Murah – Berkwalitas – Made In Indonesia
    2.25-17 = Rp. 65.000,-
    2.50-17 = Rp. 65.000,-
    2.75-17 = Rp. 65.000,-
    Sedia aneka macam olie:
    Shell Adv AX5, Shell Adv SX, Enduro 4T, Federal UT, Federal Flick, Castrol Go, Castrol Activ, Yamalube, Mesran, Evalube 2T, SGO 4T, Top1, AHM MPX1, AHM MPX2

    Kami sediakan untuk anda segala kebutuhan perkantoran & accesories perlengkapan sekolah, jam tangan gaul, kalkulator, perlengkapan pramuka, Fotokopi..

    BalasHapus
  16. numpang tanya gan, klo pantai2 digunung kidul yg dasarnya tdk berkarang mana aja y....? suwun....

    BalasHapus

Komentar di moderasi untuk kenyaman dan untuk yang tidak di tampilkan karena di anggap SPAM. mohon menggunakan Bahasa yang baik dan benar. Terima kasih.