23 Sep 2013

Kesalahan Strategi Marketing

Banyak orang yang mulai usaha sering mengeluhkan bagaimana strategi pemasaran yang dijalankan tidak sesuai dengan OMZET yang didapat. Ini menimbulkan semangat jadi turun karena target-target tidak sesuai yang direncanakan. Strategi marketing begitu berperan vital dalam keberlangsungan sebuah usaha (usaha yang dijalankan adalah usaha dalam bidang penjualan dan jasa bukan bidang perikanan, ternak atau perkebuanan loh). Lebih lanjut saya akan membahas strategi marketing yang dijalankan hanya sebatas senin kamis. Artinya pemasaran tidak dijalankan kontinyu, hanya sesuai mood saja.

strategi marketing


Salah satu kendala dalam strategi Marketing adalah promosi yang tidak konsisten. Ini yang saya katakan tadi kalau pemasaran dijalankan hanya senin kamis. Dari awal sebenarnya sudah membuat target OMZET, tapi seringkali meleset dari target, karena strategi yang dijalankan tidak konsisten. OMZET sangat tergantung pada bagaimana cara pemasaran yang baik dan kontinyu.

Saat menjalankan strategi marketing di twitter kadang aktif kadang tidak. Kadang terlalu hard selling kadang juga gak sama sekali Ngetwit. Jika ingin maksimal, strategi marketing yang sudah kita rencanakan harus dijalankan dengan konsisten. Misal hal simpelnya, social media marketing. Kalo ingin maksimal, maka harus rutin ngetwit yang bermanfaat untuk followernya. Nah disela-sela ngetwit yang bermanfaat sisipkan kata-kata yang memancing orang untuk tergerak melihat apa yang sedang anda tawarkan.

Salah satu penyebab kenapa pebisnis pemula tidak konsisten saat menjalankan strategi promosinya karena semua hal masih dikerjakan sendiri. Jika ingin konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran, maka diperlukan tim khusus atau orang khusus yang handle marketingnya. Misalnya dalam menangani social media yang mungkin tidak hanya satu akun maka diperlukan orang khusus sebagai admin social media. Nah ketika pembagian kerja bisa dilakukan secara benar maka apa yang dikerjakan jadi konsisten, walaupun akan menambah pengeluaran namun dalam jangka waktu dekat target target bisa saja tercapai.

Pebisnis pemula perlu secara bertahap meningkatkan OMZET & membangun MEREK. Dan ini perlu promosi yang konsisten. Ketika strategi yang sudah kita rencanakan tidak dijalankan dengan konsisten, hasilnya gak akan maksimal, jangan2-jangan malah NOL. Target OMZET perlu diwujudkan dengan strategi promosi yang konsisten. Rencanakan, eksekusi, monitor agar berjalan dengan baik. Strategi perlu konsistensi dan jangan lupa, strategi pemasaran yang kita buat harus kita ukur keberhasilannya.

Strategi Marketing sangat disarankan untuk menjaga fokus, disiplin dan konsisten yang memang tidak mudah untuk itu. Tapi klo dijalankan, hasilnya akan powerful dalam usaha Anda. Jadi berpikirlah kembali tentang strategi marketing dalam usaha yang akan anda bangun atau mungkin sudah dijalankan namun belum memenuhi target.

Semoga Kesalahan strategi marketing sudah bisa ditutup dengan kontisten yang penuh. Dan semoga usaha anda semakin mendunia.


#SalamSukses

Previous
Next Post »

1 comments:

Strategi Pemasaran delete 4 November 2013 08.44

Kesalahan dalam strategi pemasaran perlu dititik-beratkan jika ingin berjaya..

Poskan Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini