24 Jan 2014

Cara Mencari Modal Bisnis


Tidak terasa Januari sudah hampir berakhir namun belum bisa membuat sesuatu yang maksimal. Mungkin tulisan kali ini bisa membuat sedikit deg deg ser bagi yang ingin membangun usaha namun modalnya belum cukup. AndiRofiek mencoba sedikit share ilmu tentang bagaimana cari mencari modal bisnis dengan mudah.


Oke deh gak usah panjang lebar banyak ini itu langsung sodorin aja ini loh tips mudah mencari modal bisnis yang bisa anda temukan disekitar.

1. Modal dari Keluarga atau teman


Kerabat dan kawan adalah orang-orang yang sudah mengenal anda. Jadi tahu bagaimana kemampuan anda dan mungkin akan mudah untuk mendapatkan modal dari keluarga atau kawan. Jadi ingat kisah mas Elang gumilang yang berawal dari modal Ayah temannya dan sekarang sudah sukses di bisnis property.

2. Tabungan


Jangan pernah menyepelekan tabungan karena sangat bermanfaat saat kita membutuhkan. Setdaknya saat mulai merambah bisnis tabungan sendiri akan membuat tingkat kwatir anda tentang bisnis yang akan dijalankan tidaka begitu extreme. Missal saja banyak kebutuhan awal yang tidak terduga, nah biaya tersebut dibebankan pada tabungan. Itu manfaatnya tabungan sendiri untuk bisnis.

3. Mencari investor


Investor disini bisa saja teman atau keluarga. Bisa saja pihak luar, namun hal tersebut cukup susah karena pihak luar belum tahu kredebilitas anda. Kunci mendapatkan investor adalah membuat proposal penawaran bisnis yang menarik dengan pembagian hasil yang sesuai. Jangan lupa ada hitam diatas putih agar mempunyai perjanjian jelas.

4. Kerjasama bisnis


Susah untuk mendapatkan modal, jangan menyerah dulu salah satu cara mencari modal ya dengan kerjasama bisnis. Missal saja akan usaha tempat photo copy. Nah teman atau salahs atu keluarga anda punya tempa yang strategis namun tidak dimanfaatkan. Anda melihat peluang itu dan langsung tembak jebreeet. Kasih solusi untuk bekerjasama membangun usaha.

5. Pinjam ke Bank


Alternative lain dan bisa digunakan adalah meminjam modal dari bank. Sekarang banyak bank yang menyediakan jasa kredit bagi usaha micro. Tidak sulit untuk mendapatkan kredit micro dengan sedikit pelaporan sederhana sudah dapat modal dari bank.

6. Pihak penyedia modal


Disini yang dimaksud penyedia modal biasanya adalah mereka yang focus pada penanaman modal usaha. System yang digunakan biasanya bagi hasil atau saham sehingga sama-sama untung.

7. Hadiah Lomba


Dengan modal ide bisnis yang menarik dan presentasi yang baik, maka mudah untuk mendapatkan modal hasil menang lomba kreatifitas usaha. Biasanya di kampus-kampus banyak seperti PKM (Pekan Kreatif Mahasiswa) atau yang lainnya.

Mungkin begtu sekiranya tips mencari modal usaha dari saya. Kurang lagi silahkan lengkapi sendiri. Hanya ingin berbagi tips agar menjadi tahu.

Good Night!


Previous
Next Post »

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini