29 Des 2012

Tentang Jodoh

Jodoh pasangan hidup
Jodoh adalah sebuah misteri dari Tuhan tidak ada seorang pun tahu siapa jodoh kita. sejauh apapun jodoh pasti akan dipertemukan suatu saat. Entah kapan tetapi itu PASTI. Ketika banyak orang bicara tentang jodoh. Dan meyakini DIA pasti jodohku berarti sudah menyombongkan diri karena sudah seperti Tuhan saja. Seperti halnya rezeki dan mati, jodoh sudah ditakdirkan kapan ketemu, dimana dan siapa.

Terus jodoh itu apa si? Jodoh merupakan pasangan kita yang menemani dalam hidup terikat oleh hubungan pernikahan. Jodoh bukan berarti dengan nikah cerai. Tetapi yang menemani sampai akhir khayat seperti kisah Habibie ainun.

Banyak orang berpatokan hadist bahwa jodoh itu diciptakan dari tulang rusuk seorang laki-laki. Padahal hal tersebut hanya berlaku bagi adam dan hawa. Memang benar hawa diciptakan dari tulang rusuk sebelah kiri adam tetapi wanita sekarang tentulah diciptakan dari air mani. Jadi bagaimana kita mendapatkan jodoh?

Jodoh itu harus dijemput tidak begitu saja akan datang. Terus cara menjemputnya bagaimana?  Caranya dengan memantaskan diri. Dengan berusaha dan doa maka akan dekat dengan jodoh kita. Telah disebutkan dalam al quran bahwa “ Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (Qs. An Nur:26) . mendengar ayat tersebut maka seharusnya bisa memaknai apa tugas seorang yang ingin bertemu jodohnya. Kalau lah ingin wanita yang baik berarti memantaskan diri untuk mendapatkan wanita tersebut dengan berbuat baik, berakhlak baik dll. Janji Tuhan tidak akan diingkari pasti ditepati. Maka pantaskan diri untuk menjadi baik dalam segala hal.

Setiap orang pasti mempunyai kreteria untuk mencari calon pasangan hidup ideal. Dari A-Z telah ditentukan tetapi kalau apa yang dikreteriakan tidak pantas dengan kita maka Tuhan pun tidak akan berkehendak. Bolehlah berharap tetapi jika harapan tidak dibarengi dengan ketentuan yang berlaku mana mungkin harapan itu terwujud. Maka kembali pada ayat diatas pantaskan terlebih dahulu.

Sejatinya resep untuk memilih jodoh itu mudah. Jika ingin baik dunia dan akherat maka berikan nilai 1 pada keimanan, ganteng atau cantik beri 0 jadi 10, kalau dia kaya beri 0 jadi 100, kalau dia cerdas tambah 0 lagi jadi 1000. Semakin nilai 0 banyak maka semakin baik. Tetapi Jika memiliki semuanya tetapi tidak memiliki yang pertama tidak ada artinya.

So, pilihlah jodoh dengan cermat bukan berdasarkan kata CINTA yang sebenarnya hanya semu. Tetapi berdasarkan tingkat keimanan kita pada Yang Maha Kuasa.

Previous
Next Post »

Poskan Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini