18 Des 2011

Awas Ada Plagiat dengan Feed


Pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai plagiat atau orang yang menjiplak karya orang. Pada postingan terdahulu sudah saya paparkan apa itu plagiat. Ini merupakan pengalaman saya selama blogging bagaimana artikel saya di salah gunakan oleh pelanggan feed post  blog saya dengan secara otomatis memposting di blog yang berlangganan.

Kejadian yang baru pertama kali saya jumpai dan saya alami. Plagiat bukan hanya copi terus di paste, ternyata juga dapat lewat feed rss blog. Melalui pengalaman itu saya mencoba untuk mensetting blog dengan tidak mengirimkan umpan balik feed sehingga setiap saya posting blog tidak dapat otomatis posting di blog lain yang berlangganan.

Budaya plagiat masih banyak di sekitar  kita dengan berbagai cara menciplak karya orang tanpa rasa bersalah. Bagaimana jika karya anda di jiplak orang lain? Perasaan apa yang anda rasakan? Mesti merasa kesal, marah, dan  tidak rela kan.

Sebagai makluk yang mempunyai akal seharusnya kita punya pemikiran kreatif dan imajinatif. Tidak hanya mengandalkan kreatif orang lain, apalagi untuk mendatangkan penggunjung blog yang isi blognya hanya kiriman feed post blog lain.

Ayo para sobat blogger berkreasi dengan akal dan pikiran kita untuk bermanfaat bagi sesama. Bukan hanya menjadi plagiator yang tidak beretika.

Saran saya hati-hati dengan setting feed di blog atau web anda, banyak plagiat yang memanfaatkan umpan balik feed blog/web kita.
Selamat berkarya anak bangsa.. 

Previous
Next Post »

7 comments

Pelangi Delapan delete 6 Januari 2012 21.07

sulit memang gan, menghapus budaya plagiat di Indonesia.Mungkin sudah terlalu mengakar, bahkan tak jarang blog hasil copas sering nangkring diposisi teratas di google. Dan biasanya yang paling sering dicopas yang tampil kanal Vlog. Bisa anda cek cek digoogle, artikel anda.

Salam kenal dari Pelangi Delapan

Rofiek delete 6 Januari 2012 21.24

bener gan..blog hasil copas koq bisa nangkring di pencarian teratas daripada blog original..

tetapi yang terpenting selalu memberi informasi terbaru hasil kreasi kita dan pengalaman..

salam kenal balik..

Tips Trik Komputer dan Internet delete 7 Januari 2012 00.23

Saya juga pernah dicopas, Gan.... Nangkring juga di page 1 SERP. Nomor 1 lagi. Wong edan...

Padahal udah saya kasi aturan. Ga dibaca.

Sekarang kalo saya tau ada yang copas, langsung saya laporin ke Google dan pihak-pihak terkait (sperti adsense dan hostingnya). Ga tanggung2 lah. Saya ga pake pemberitahuan lagi ke pemilik blog (tadinya saya peringatkan dulu, tapi karena pada gak diperhatikan, y udah).

Hhhhh... sakit ati kalo dicopas gitu. Apa sih susahnya nyantumin sumber. Kasi live link... Ga sekedar copas tanpa sumber....

haha.. malah curhat, Gan... :D pokoknya rasanya jengkel banget kalo dicopas...

Hansen JM

eMingko Blog delete 7 Januari 2012 09.53

ya begitula luna maya eh.. maksudnya dunia maya lbh gmpang ngmbil mlik org lain ktimbang di dunia nyata. sulit mngtsi mslah ini kcuali ksdaran msing2.

asaz delete 7 Januari 2012 11.29

plagiat dan copy paste itu bukan plagiat tapi sudah masuk kriminal

etika copas delete 7 Januari 2012 22.12

Maaf ini jadi berkomentar pake link postingan...

saya suda perna membahas masalah ini waktu di pertemuan blogger dongo.. dan saya menemukan solusi nya,,

dan saya buatkan menjadi artikel etika copas .. silakan di baca. Link sumber ada di nama komentar saya.

salam kenal

aan delete 8 Januari 2012 05.58

budaya satu ini memang menjengkelkan rasanya seperti diselingkuhin berkali-kali.. kita doakan aja para plagiator cepet insaf..aminnn
salam kenal

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini