18 Jul 2011

Wisata Malam Alun - alun Kidul(ALKID) Yogyakarta

alun-alun kidul,yogyakarta
Alun-Alun Kidul atau lebih dikenal dengan sebutan ALKID merupakan wilayah di belakang kompleks bangunan Keraton Yogyakarta yang bisa dijangkau dengan berjalan ke arah selatan dari Sentra Makanan Khas Gudeg Wijilan. Alun-Alun Kidul yang disimbolkan dengan gajah yang berwatak tenang menawarkan paket wisata untuk menenangkan hati, menghangatkan malam dengan ronde dan bajigur, serta mencari berkah lewat Masangin. Alun-Alun Kidul merupakan penyeimbang Alun-Alun Utara yang memiliki watak ribut. Karenanya, Alun-Alun Kidul dianggap tempat palereman (istirahat) para Dewa. Dan jelas kini sudah menjadi tempat ngleremke ati (menenangkan hati) bagi banyak orang.

Di tengah-tengah alun-alun terdapat 2 pohon beringin kembar yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Kenapa demikian? Karena pohon beringin kembar memiliki mitos konon siapa yang dapat melewati dua pohon beringin tersebut dengan mata tertutup maka keinginannya akan tercapai.  Masuk diantara dua pohon beringin ini sering disebut dengan masangin. Di area alun-alun kidul banyak juga tersedia sewa penutup mata dengan hanya merogoh uang Rp 4.000 sudah dapat bermain masangin. Sayang harga itu semakin mahal karena semakin banyaknya penggunjung maka penyewa menaikan  harga.

sepeda tandem
Selain itu, ALKID menjadi tempat yang mengasyikan untuk wisata malam dengan adanya sepeda dan becak yang dihias dengan gemerlap lampu. Sekarang di sekeliling alun-alun penuh dengan becak dan sepeda yang siap untuk di sewakan. Sewanya juga lumayan murah, untuk sepeda yang muat 3 orang dengan harga Rp 15.000/ 4putaran  sedangkan becak dihargai Rp 20.000 untuk 2 putaran.

Setelah bermain dengan semua hal yang diatas tidak salahnya kalau mencicipi wedang ronde yang khas dari alun - alun kidul Sebagai penghangat badan. Cukup dengan harga wedang ronde Rp 3.500 dapat menikmati hangatnya wedang khas alun-alun kidul.

wedang ronde
wedang ronde

Jadikan malam akhir pekan yang berkesan di kota Yogyakarta dengan mengunjungi alun -alun kidul (ALKID) sebagai pelepas penat..

Selamat berwisata….

Previous
Next Post »

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini