Cara Membuat Sabun transparan Adev Natural

Sabun adalah barang wajib yang kami gunakan setiap hari. Tanpa sabun, kamar mandi terasa kotor karena sabun digunakan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di tubuh kita. Saat ini penggunaan sabun sebagai pembersih kulit semakin menjadi tren dan beragam. Keragaman sabun yang dijual secara komersial dapat dilihat dari jenis, warna, aroma dan manfaat yang ditawarkan. Menurut jenisnya, sabn dibagi menjadi dua jenis, yaitu abu padat (batang) dan sabun cair. Sabun transparan adalah sabun mandi dalam bentuk batang dengan penampilan transparan, yang menghasilkan busa lebih lembut pada kulit dan penampilan berkilau dibandingkan jenis sabun lainnya. Tampilan sabun transparan yang menarik, elegan dan menarik.

Sabun transparan adalah salah satu produk kosmetik yang modis. Pilihan VCO sebagai bahan baku sabun transparan didasarkan pada beberapa keuntungan, termasuk kapasitas antimikroba, sehingga baik untuk perawatan kulit atau perawatan tubuh. Akhir-akhir ini, penggunaan VCO telah diarahkan untuk perawatan kesehatan dan kosmetik, sedangkan minyak kelapa digunakan untuk produk makanan.
Sabun transparan Adev Natural
Sabun transparan Adev Natural

Sabun transparan Adev Natural adalah sabun yang dibuat dengan teknik khusus dengan menghilangkan kandungan alkali yang dikandungnya. Sabun transparan ini lebih unggul dari sabun mandi biasa, selain tampilannya yang transparan dan menawan, sabun ini sangat lembut untuk kulit dan dapat melembabkan kulit. Untuk link lengkapnya https://softwareindonesia.id/sabun-transparan-adev-natural.html

Reaksi saponifikasi dengan alkali adalah reaksi trigliserida dengan alkali (NaOH dan KOH) yang menghasilkan sabun dan gliserin. Trigliserida adalah molekul gliserol yang berikatan dengan tiga molekul asam lemak. Reaksi pucuk dapat ditulis sebagai berikut:

Yuk Baca: Software kasir.

C3H5 (COOR) 3 + 3 NaOH → C3H5 (OH) 3 + 3RCOONa

Sabun trigliserida berdasarkan gliserol

Reaksi pembuatan sabun atau saponifikasi menghasilkan sabun sebagai produk utama dan gliserin sebagai produk sampingan. Gliserin sebagai produk sampingan juga memiliki nilai jual. Sabun adalah garam yang dibentuk oleh asam lemak dan alkali. Sabun dengan berat molekul rendah akan lebih mudah larut dan memiliki struktur sabun yang lebih keras. Sabun memiliki kelarutan tinggi dalam air, tetapi sabun tidak larut menjadi partikel yang lebih kecil, tetapi larut dalam bentuk ionik.

Bagaimana cara kerja sabun transparan?

Cara Pertama

  1. VCO 23 ml + 9,6 gram asam stearat, panaskan ke 700ÂșC. 
  2. (1) + 5 gram NaOH + 10,6 gram H2O, tunggu hingga suhunya turun hingga 700 ° C. (1) Kemudian aduk sampai tercampur merata (sampai berbentuk pasta), lalu tunggu sampai suhu turun.
  3. (2) + Propilen Glikol 11,3 gram + Gliserin 2,5 gram + Carbowax 1 gram agitasi sampai halus dan panaskan kembali.
  4. (3) + TEH 2 gram dimasukkan secara merata dan bergerak sampai meleleh.
  5. (4) + 6 gram larutan gula, aduk rata, lalu cetak pada loyang sampai mengeras.

Cara Kedua

  1. Ambil produk dari baki memanggang dan kemudian kurangi ukurannya untuk memudahkan proses selanjutnya.
  2. Timbang produk dan kemudian panaskan sampai meleleh.
  3. Tambahkan Lexaine-c 2,6 gram dan aduk hingga rata.
  4. (3) + Fixolid 1,3 gram dan aduk rata.
  5. (4) + Alkohol 3,3 ml + parfum + campuran pewarna dengan baik.
  6. Kemudian cetak dan tunggu sampai mengeras.


Informasi BB Pascapanen menunjukkan bahwa parameter kualitas yang dianalisis adalah keasaman (pH), karakter kekerasan, kadar asam lemak bebas (FFA), nilai tengik, kadar air, dan angka saponifikasi.

baca juga: Arti OOT

Mengenai pH, diketahui bahwa sabun transparan komersial memiliki pH 9,34. Dalam formulasi sabun jernih, pH terkait dengan jumlah penggunaan alkali yang menentukan jumlah penambahan etanol yang dapat ditambahkan agar pH tetap tinggi.

Karakter kekerasan dari sabun transparan harus cukup baik sebagai indikasi umur simpan yang lebih lama. Nilai kekerasan sabun komersial ditemukan dalam seri 0,967 hingga 6,867 kg / cm2. Sementara berkenaan dengan transparansi, sabun akan lebih jelas jika etanol mengalami penguapan.

Nah demikian cara pembuatan Sabun transparan Adev Natural yang tidak sult ternyata. Yuk berbagi untuk semua.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Sabun transparan Adev Natural"

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel