13 Jan 2011

Makalah Sistem Pakar

Kata Pengantar
Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan makalah tentang Sistem Pakar ini dengan lancer. Makalah system Pakar ini bertujuan untuk melengkapi Tugas Kecerdasan Buatan dan untuk meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan Sistem Pakar.
Dalam Makalah ini menjelaskan Sistem Pakar secara detail dari mulai pengertian sampai  tahap pembuatan sisten pakar dan implementasi-Nya untuk dapat bekerja seperti halnya yang dilakukan manusia.
Dengan ada-Nya Makalah ini kami berharap dapat menambah wawasan atau pun menambah Referensi dalam kaitan-Nya dengan Sistem Pakar. Kami mohon maaf, jika terdapat suatu kekurangan karena pengetahuan yang masih kurang. mohon bimbingan Ibu Dosen selaku dosen kami agar kami lebih mengerti banyak tentang Hal tersebut.
Wassalamualaikum wr. Wb.


                                                                                                Yogyakarta, 8 Desember 2010


                                                                                                            Andi Rofik LH
           

Daftar Isi
Halaman judul..………………………………………………………………………..1
Kata Pengantar………………………………………………………………………..2
Daftar Isi……………………………………………………………………………….3
PENDAHULUAN…………………………………………………………………….4
PEMBAHASAN……………………………………………………………………....5
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………...16


PENDAHULUAN
Latar Belakang
            Makalah ini kami buat untuk memenuhi tugas Kecerdasan Buatan yang ditugaskan selama satu minggu. System pakar merupakan cabang dari salah satu mata kuliah kecerdasan buatan.kami juga dalam proses membuat Implementasi yang terwujud aplikasi berbentuk desktop atau pun website. Dalam kontek yang lebih lanjut system pakar sulit dikembang karena sudah terpaku pada system yang sudah ada.
Rumusan Masalah
Dari makalah Sistem pakar timbul pertanyaan-pertanyaan:
1.      Apa itu System Pakar itu?
2.      Bagaimana cara kerja System Pakar?
3.      Untuk apa system pakar?
Tujuan Penulisan
      Dalam Makalah ini terdapat berbagai tujuan antara lain:
1.      Pembaca dapat mengetahui Sistem Pakar secara lebih detail.
2.      Penulis dapat memenuhi tugas.
3.      Pembaca dapat menilai isi makalah Sistem Pakar ini
Manfaat penulisan
Beberapa manfaat makalah system Pakar ini antara lain:
1.      Untuk penambah wawasan bagi pembaca.
2.      Sebagai referensi dalam kaitan-Nya dengan Sistem Pakar.
3.      Untuk acuan dalam pelaksanaan implementasi Sistem Pakar.

PEMBAHASAN
I.                   Pengertian Sistem Pakar
Sistem pakar atau Expert System adalah program yang berisi pengetahuan manusia atau bertingkah laku seperti manusia expert (manusia pakar) yang pada aplikasinya membantu menyelesaikan masalah – masalah didunia nyata. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan sekumpulan rule atau kaidah yang didapat dari pakar, lalu dijadikan pertanyaan – pertanyaan untuk mendapat solusi atau kesimpulan. Berikut ini beberapa pengertian sistem pakar menurut beberapa orang ahli:
1. Menurut William Stubblefield dan George F. Lugger (1993), menjelaskan bahwa sistem pakar adalah suatu program yang dapat menirukan seorang pakar.
2. Menurut E. Fraim Turban (1992), menjelaskan bahwa sistem pakar adalah sebuah program yang mengkomputerisasikan laporan yang mencoba untuk menirukan proses pemikiran dan pengetahuan dari pakar – pakar dalam menyelesaikan masalah.
3. Menurut Garratano dan Riley (1989), menjelaskan bahwa sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar.
Dari pengertian diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem pakar adalah suatu aplikasi dari kecerdasan tiruan yang dapat menyelesaikan masalah dalam bidang tertentu dan dapat bertindak sebagai penasehat seperti seorang pakar dimana solusi atau jalan keluar yang dihasilkan sistem pakar berkualitas seperti seorang pakar.

Ciri – ciri  Sistem  Pakar
Sistem Pakar memiliki ciri – ciri :

Previous
Next Post »

Poskan Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini