11 Des 2010

Cara Jitu Menulis Lancar

Cara Jitu Menulis Lancar - Mendengar kata menulis dan membaca mungkin hal yang dibenci oleh sebagaian orang. minat baca saja orang indonesia rendah. turut prihatin dengan insiden itu. terus bagi yang ingin menulis tapi kadang susah ingin mengawali nulis dari mana yaa..ini saya ada solusi dan triknya.
Bagaimana Membuat Anda Lihai Nulis Tanpa Kesulitan Mencari Kata-Kata...! langsung ke TKP saja lah kita:

A. Membiasakan Menulis di Blog
Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, blog sekarang sudah menjadi gaya hidup masyarakat di Internet. Jadi jangan heran kalau Anda yang belum memiliki blog dibilangin “please deh, hari gini gak punya blog…!” Kenapa? Karena banyak manfaat yang bisa di dapatkan. Bila dijabarkan beberapa di antara manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Dengan secara rutin menulis blog, maka lambat laun kualitas tulisan Anda akan terasah, sehingga nanti ketika membuat laporan PKL dan Skripsi tidak akan terlalu mengalami kesulitan yang saat ini sering melanda mahasiswa. Saran saya, karena blog tidak terlalu terikat dengan tata tulis yang baku (ilmiah), maka harus pintar-pintar kapan menulis dengan baik dan benar, dan kapan menulis dengan bahasa gaul.

2. Mendokumentasikan Ide, Gagasan, Ilmu dan Informasi. Pasti ingat kan dengan ungkapan “ikatlah ilmu dengan menuliskannya”. Nah blog sangat cocok diterapkan di sini. Dengan blog anda dapat menuliskan curhat, ide, gagasan, kiat, tips atau apa saja
yang terlintas dan terfikirkan di otak/benak Anda. Kalau tulisan Anda tersebut bermanfaat tentu kita sangat senang bukan? Selain itu bila suatu saat kita memerlukannya, kita tinggal “buka” lagi arsipnya. Dengan sering melakukan dokumentasi seperti ini, kita sudah meringankan beban memori otak kita.

3. Memperluas Pergaulan. Semakin banyak pengunjung yang “mampir” dan memberikan komentar ke blog Anda, berarti Anda sudah menambah teman/relasi. Situasi ini menjadi hal yang positif, karena dengan bertambahnya teman berarti Anda bisa saling sharing ilmu, informasi, pekerjaan, dan hal lain yang bermanfaat.
 
4. Sebagai Branding. Bila blog Anda manfaatkan dengan optimal dan serius, maka sesungguhnya bisa menjadikan branding bagi diri Anda sendiri. Misalnya Anda rutin menulis tentang sebuah skill tertentu yang menjadi kemampuan Anda, apakah tentang programming, desain grafis, multimedia, akuntansi, arsitek, dll. Maka secara tidak langsung Anda sudah melakukan promosi diri sendiri di dunia maya. Bukan tidak mungkin para perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja menemukan nama Anda karena surfing di Internet lewat search engine. Sehingga jangan kaget bila suatu saat tiba-tiba Anda menerima email untuk mengerjakan sebuah proyek. Enak bukan...??

Mungkin masih banyak lagi manfaat/keuntungan lainnya yang belum saya tuliskan (ada yang mau menambahkan ?).

B. Membaca
Rasanya hampir mustahil bila seseorang bisa lihai menulis tanpa didahului dengan membaca terlebih dahulu. Karena hampir dari seluruh rangkaian kata dan susunan kata-kata yang terasa indah dan bagus tersebut, sebenarnya terinspirasi dari berbagai macam model tulisan yang pernah dibaca dari berbagai macam buku dan tulisan orang lain. Semakin banyak Anda membaca, maka perbendaharaan kalimat, kata, susunan, alur tulisan yang Anda baca, akan memperkaya khasanah pengetahuan Anda dalam seni tulis menulis. Untuk itu membaca adalah salah satu syarat wajib yang mutlak Anda lakukan untuk bisa lihai menulis. Dengan banyak membaca, dijamin Anda tidak akan kekurangan dan kehabisan kata-kata untuk ditulis.

C. Menulis Setiap Hari
Ya, salah satu kunci utama agar kemampuan menulis Anda bisa terasah dengan cepat adalah dengan menulis sesering mungkin. Karena dengan semakin sering Anda menulis, maka intuisi serta kepekaan Anda dalam merangkai kata-kata akan semakin terasah. Karena walaupun Anda merasa mampu menulis, tapi kalau jarang dipraktekkan langsung dengan menulis, saya yakin Anda juga akan sulit membuat rangkaian tulisan yang bagus. Untuk itu setelah Anda banyak membaca, maka langkah selanjutnya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan langsung praktek menulis. Lakukanlah kegiatan ini setiap hari dan sesering mungkin. Jangan pernah bingung dan takut kekurangan ide tulisan. Banyak sekali sebenarnya objek-objek dan peluang yang bisa dijadikan objek tulisan. Contoh mudahnya adalah menuliskan pengalaman Anda dalam satu hari. Tuliskan saja apa yang telah Anda lalui selama satu hari tersebut. Atau bisa juga ketika Anda mendapatkan sebuah ide tertentu, bisa langsung menjadi tulisan. Anda sedang sebel dengan seseorang atau sebaliknya sedang senang sama seseorang, itu juga bisa menjadi satu bahan tulisan. Intinya selama Anda masih bisa bernapas dan berpikir, maka selama itu pula Anda tidak bakalan kekurangan ide tulisan. Jadi selamat menulis yaa kawand...

D. Suka Berekspresi Kata-kata
biasanya dalam pikiran atau hati terbesit sebuah ungkapan yang sulit untuk diungkapkan tetapi apa salahnya jika kata hati itu diungkapan karena kata hati dan pikiran menimbulkan sebuah ekspresi yang indah, romantic dan menyentuh. Ini disebabkan karena yang timbul dalam tulisan murni dari hati yang tak mungkin dapat berbohong.hehehe…. kata-kat akan muncul dengan sendirinya tanpa dibuat-buat ini menunjukan progress untuk mendalami kesenangan menulis.

sedikit tentang cara pandai menulis tanpa kehilangan kata-kata...
#semoga bermanfaat

Previous
Next Post »

2 comments

askep delete 26 Oktober 2011 16.38

yg sulit itu biasanya nulis stp hri aplgi manual :D
jgn lupa mampir ke eMingko Blog

kinanthi delete 27 Oktober 2011 11.25

Setuju banget, bikin blog utk penyemangat nulis..dulu suka banget nulis (dikirim ke media massa tp sering di tolak) kemudian stag luuuaamaa...nah kalau di posting di blog kan gak ada yg nolak. Tetap saja bisa tampil tulisan yg kita posting..hehehe..salam kenal ya

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini