30 Jan 2014

Penyebab Social Media Marketing Tidak Berhasil

social media marketing
Dunia marketing kalau ditelaah lebih dalam akan menghasilkan suatu yang  special pokoknya kaya nasi telor ajalah. Banyak orang menggunakan sarana social media sebagai media untuk jualan, lebih halusnya ya bisa disebut marketing. Tentunya ingin marketing yang tepat sasaran bukan? Kadang hal yang kita harapkan menjadi tidak seperti yang diharapkan.


Kali ini Andi Rofiek akan sedikit mengulas bagaimana peran social media sebagai sarana marketing. Tetapi bukan itu bahasannya kali ini. Ini akan menjelaskan penyebab social media marketing tidak berhasil.

Cermati baik-baik hal yang menjadi penyebab social media marketing gagal berikut ini:

  • Tidak membuat Rencana. Ini adalah virus utama penyebab social media marketing kita tidak berhasil. Social media yang kita kelola untuk marketing tidak jadi power full optimasi namun menjadi tidak terarah karena promosi yang tidak terencana dengan baik
  • Terlalu banyak jualan. Ini menyebabkan pengguna social media yang berkomunikasi dengan kita jadi tidak nyaman. Banyak akun social media yang mengarah pada jualan yang cenderung banyak. Dan jangan pernah memakai teknik menjual dengan teknik hard selling. Contoh: jika akun social media kita update setiap hari 30kali maka usahakan 24 status kita bermanfaat dan lebihnya untuk info produk. Jangan dibalik karena ini sangat berpengaruh pada kenyamanan pengguna social media terutama calon pembeli.
  • Komunikasi hanya satu arah. Adanya komunikasi antara likers, followers sangatlajh penting. Jika terjadi hanya satu arah komunikasi maka akan terjadi ketidak sinambungan dan akhirnya target tidak terpenuhi
  • Tidak membuat target. Target pada social media kita sangat penting. Ini berpengaruh besar  pada berhasil atau tidaknya marketing for socmed. Contoh target dimulai dari wilayah, umur, jumlah likers, kenaikan penjualan dan lain-lain.
  • Tidak konsisiten. Ini yang sering kali terjadi pada para pebisnis muda yang baru terjun kedunia. Awalnya sangat semangat update namun selanjutnya jarang atau sama sekali tidak pernah update. Marketing social media sangat membutuhkan konsisten untukmenjalankan roda penjualan yang baik.

Perlu diperhatikan bagaimana penyebab marketing social media itu tidak berhasil. Seperti diatas adalah salah satu dari beberapa penyebab ketidak berhasilan social media sebagai media marketing.

See You next Tips


Previous
Next Post »

3 comments

Gambar Rumah Minimalis delete 11 Februari 2014 22.15

Saya termasuk ke dalam golongan yang terakhir xixixixi, susah banget untuk istikomah untuk sekedar ganti status atau apalah yang berguna mungkin untuk dishare.

TONGKONANKU delete 21 Februari 2014 18.02

Yang nomor dua tuh yang saya lihat banyak terjadi. Paling parah kalau udah ngetag orang2 sembarangan. Itu biasanya langsung tak unfriend. :)

Evi Sri Rezeki delete 21 Februari 2014 22.59

Makasih sharenya, Mas. Semoga ke depannya saya bisa terapkan dengan baik :)

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini