25 Agt 2013

Dasar - dasar Internet Marketing

Internet marketing


Perkembangan internet yang semakin pesat memaksa pemilik usaha untuk melebarkan sayap bisnis kedunia online. Mengapa demikian? Dilansir dari laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan pernyataan beberapa praktisi internet, pengguna internet Indonesia telah lebih dari 120 juta orang. Angka yang fantastis di negara berkembang seperti Indonesia ini. Selain itu, Indonesia juga dinobatkan sebagai negara dengan penggunaan twitter dan facebook terbesar ke empat di dunia.

Dengan fakta yang telah dipaparkan langkah selanjutnya adalah bagaimana dasar-dasar Internet Marketing untuk bisnis Anda dijalankan sesuai dengan tujuan yang di tentukan. Dasar-dasar Internet marketing antara lain:
  1. Riset Pasar. Langkah awal Internet marketing adalah bagaimana mengidentifikasi pasar yang ada saat ini sehingga nantinya client mampu memahami isi dari iklan. Kemudian siapa target pasar kita. Target pasar saat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu; umur, jenis kelamin, geografis, keuangan. Contoh : minuman ini hanya boleh diminum oleh orang berumur 18+ .
  2. Search Engine. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kaitannya dengan Search engine diantaranya Website, SEO, iklan PPC. Website ibarat sebuah toko yang didalamnya terdapat berbagai produk yang dicari dari Search Engine. sebaiknya website dibuat dengan memudahkan penggunjung seperti adanya navigasi, produk terkait, dan penerapan halaman utama website. Hal ini memungkinkan untuk penggunajung berlama-lama di website anda. SEO berperan untuk menaikan peringkat konten di mata search engine sehingga mampu mendatangkan traffic yang sekaligus calon client. Yang terakhir ada iklan PPC yaitu sebuah iklan yang Anda daftarkan kepada layanan network (idblognetwork, google adword, pemasang.com).
  3. Social Media. Sekarang sedang booming social media, dan dibalik booming tersebut menyimpan amunisi marketing yang sangat ampuh. Usahakan mendaftar social media untuk promosi bisnis anda.
  4. Email. Tahun 2000an email marketing menjadi trend tersendiri namun cara ini lebih menjurus kepada spammer email. Ini terkadang menyebabkan tidak nyaman oleh si penerima email. Cara selanjutnya lebih halus dengan menggunakan newsletters. Cara ini lebih baik dibanding dengan spammer email karena lebih kompleks dengan adanya artikel dan pengetahuan lain yang dikirim lewat email.
Dengan iklan maka usaha yang anda miliki akan semakin memiliki brand dan pasar. Internet marketing adalah salah satu cara dari sekian cara untuk pemasaran bisnis. Pandailah untuk membentuk tim bisnis anda sehingga mampu mencapai target bisnis yang anda tentukan.

Sumber image: http://designseoblog.com/wp-content/uploads/2013/04/internet-marketing-tips.jpg

Previous
Next Post »

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini