22 Des 2012

Kenapa dengan Hari Ibu

logo hari ibu
Setiap tanggal 22 desember kenapa diperingati sebagai hari ibu nasional. Menurut tulisan yang ada di wiki sejarah hari ibu begini Diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta, di gedung diikuti oleh pejuang wanita seperti:  Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Dhien, Tjoet Nyak Meutia, R.A. Kartini, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, dan lain-lain. Penetapan tanggal 22 Desember sebagai perayaan Hari Ibu diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Peringatan 25 tahun Hari Ibu pada tahun 1953 dirayakan meriah di tak kurang dari 85 kota Indonesia, mulai dari Meulaboh sampai Ternate. Dan Presiden Soekarno menetapkan Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember sebagai hari ibu nasional.

Diatas merupakan cerita sedikit tentang sejarah hari ibu nasional.sampai sekarang pun masih diperingati sebagai hari ibu. Terlepas dari tanggal 22 desember adalah hari ibu. Sudahkah anda memuliakan ibu anda sendiri. Sudahkah membahagiakan ibu anda lebih dari membahagiakan orang lain? Mari kita merenung sejenak  apa yang sudah dilakukan untuk seorang yang paling berjasa dalam hidup. Saya juga sudah pernah bercerita tentang membahagiakan orang tua, itu lebih memberatkan pada ibu. Walau seorang ayah tidak kalah penting perannya tetapi peran vital ibu tidak akan terganti siapapun.

Tidak ada yang dapat mengalahkan ataupun menandingi seorang ibu. Doa ibu pun setara dengan doa nabi untuk umatnya. Cerita maling kundang adalah bukti bahwa doa seorang ibu itu sangatlah didengar dan dikabulkan Allah, walaupun Cuma fiktif tetapi itulah gambaran. Tidak tanggung-tanggung ada pepatah kalau surga anak ada ditelapak kaki ibu. Maka berbaktilah pada ibu. Nabi pun mengatakan ibumu, ibumu, ibumu kemudian ayahmu saat ditanya kepada siapa aku harus berbakti oleh seorang sabahat.

Dari jawab nabi tersebut kita seharusnya sadar. Tidaklah patas membahagiakan orang lain dahulu sebelum membahagiakan ibu. Muliakan ibumu semampu mu walaupun jasanya tidak akan bisa dibalas olehmu. Berdoalah untuk ibumu sebaik-baiknya doa untuk menempatkan ibumu kelak di tempat yang terbaik yaitu surge Allah. Doa anak sholeh tidak akan terputus dan terkabul maka jadilah anak yang selalu berbakti pada orangtuamu terutama ibumu.

Hari ini adalah hari ibu tetapi hari ibu sebenarnya disetiap hari selama kehidupanmu masih berjalan. Jika dekat cium tangan ibumu, minta maaf dalam pelukan ibumu, doakan ibu muliakan beliau. Jika jauh doakan dan persembahkan yang terbaik ketika kau pulang. Selamat hari ibu untuk ibuku tersayang Ibu wasyati. Semoga selalu dalam lindungan Allah.

Happy Mother's Day

Previous
Next Post »

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini