14 Nov 2012

Tren Entrepreneur dikalangan Mahasiswa

mahasiswa pengusaha
Greget mahasiswa untuk berwirausaha semakin berkembang. bagaimana tidak, wirausaha menjadi tolak ukur untuk membangkitkan perekonomian. Ini memicu semangat wirausaha dikalangan mahasiswa. Mereka berlomba-lomba dalam kreatifitas menghasilkan karya untuk masa depan lebih terjamin. Selain itu kegiatan kampus yang mendukung mahasiswa agar menjadi entrepreneur telah dibincangkan dan direncanakan oleh beberapa kampus di tanah air ini.  

Selain itu adanya seminar tentang entrepreneur semakin menjamur dan diminati banyak mahasiswa. Saya salah satunya yang cukup update seminar dimana mahasiswa dalam kegiatan menciptakan lingkungan entrepreneur semakin banyak. Ini pula yang menjadi motivasi untuk menjalankan profesi yang satu ini.

Di salah satu seminar saya bertemu banyak kenalan mahasiswa, mereka mengikuti seminar terdorong karena ingin menimba ilmu dari sang pembicara dalam hal entrepreneur. Banyak yang bertanya pula tentang bagaimana menumbuhkan jiwa wirausaha ketika ide sudah ada tetapi keberanian belum ada. Ini masalah klasik bukan hanya mahasiswa tetapi setiap orang yang ingin menjalankan di dunia wirausaha.

Saya akan bercerita bagaimana teman saya yang seorang mahasiswa menjadi sukses dalam waktu kurang lebih 3 tahun. Dia sebut saja ade, mempunyai visi yang kuat untuk mengubah kehidupannya. Gemar sekali membaca buku terutama dari Tung Dasem Waringin. Dalam rak bukunya banyak sekali buku tentang wirausaha ataupun motivasi kehidupan. Bermula tahun 2009, dengan mengambil keputusan edan menurut saya. cuti kuliah kemudian memilih kerja di sebuah toko batik di kawasan malioboro. Kerja tidak lama sekitar 4bulan, dia telah mendapat sedikit modal dan beralih menjual air beroksigen.

Tidak lama, berjualan air oksigen yang dirasa tidak menguntungkan banyak. Dia puny aide untuk membuat sebuah produsen lemari jilbab. Dari inspirasi bahwa jilbab pada saat itu belum tertata rapi dalam satu tempat dan menjadi rapi serta bersih. Nah, dengan adanya lemari jilbab ini maka jilbab akan menjadi bersih dan tertata rapi dalam lemari gantung.

Produk lain nya yaitu sarung sepatu hujan, ini terinspirasi karena saat hujan biasanya orang yang memakai sepatu harus melepas sepatunya walaupun sudah memakai mantel. Nah, peluang itu yang dimanfaatkan oleh dia untuk membuat sarung sepatu hujan.

Pada waktu itu belum punya cukup modal maka alternative pinjam ke bank. Dengan keberanian di mulailah usahanya. Menyewa sebuah tempat untuk usaha, tahun 2009 di dirikan usahanya itu. Pemasaran dilakukan dengan membuat blog dan dari teman ke teman lainnya . omzet yang didapat juga lumayan. Sampai akhirnya pada tahun 2010, dia diterbitkan oleh majalah pengusaha Indonesia, kolom informasi peluang usaha.

Nah itu sekilas cerita dari temen saya. Cerita diatas dapat menjadi inspirasi kita semua. Seorang mahasiswa saja berani mengambil resiko. Modal sebenarnya bukan masalah tetapi modal itu bisa pinjam dulu. Yang menjadi masalah utama itu dalam memulai wirausaha yaitu keberanian

Semoga mahasiswa-mahasiswa Indonesia lbi banyak yang menjadi entrepreneur sehingga perekonomian Indonesia semakin bangkit dan tumbuh.

Previous
Next Post »

1 comments:

TONGKONANKU delete 24 November 2012 10.36

Seorang yang berjiwa pengusaha memang tidak hanya kreatif dan jeli melihat peluang, tapi juga mesti berani dalam mengeksekusi peluang tersebut.

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini