8 Feb 2012

Jangan Bersedih

jangan bersedih
Sudah beberapa hari ini kota Yogyakarta terasa sangat panas. Tetapi pagi ini sangat indah dengan adanya kicauan burung dan fajar matahari. Di depan rumah kontrakan kecil ku, juga tersedia petak-petak sawah yang membuat suasanan seperti di desa. Menikmati pagi dengan segelas teh manis ala rofiek membuat pagi ini terasa semakin nyaman.

Semalam mendengarkan curhat sang adik dengan berbagai problematika yang ada. Merasakan kesedihan hati sampai kata putus asa pun keluar dari bibir manis sang adek…Tak kuasa aku menahan rasa kasihan ku mendengar cerita itu. Wajar seorang anak kecil yang masih butuh bimbingan menjalani kehidupan mengalami kesedihan.

Menyebut kesedihan rasanya tidak baik terlarut dalam hal yang bersifat negative. Dari cerita semalam, menginspirasi aku untuk menulis ini. Mungkin setiap orang pernah merasakan kesedihan ketika apa yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan, sakit hati, mengigat masa lalu atau apa yang di dapatkan tidak membuat rasa bahagia.

Sedih merupakan sifat yang tidak perlu ada dalam diri kita. Sifat tersebut hanya akan membuat diri kita menjadi rapuh dan tidak  berdaya melawan kerasnya dunia.

Jangan bersedih hari ini karena masih ada hari lain yang perlu dipikirkan dan dijalani. Esok, lusa dan selanjutnya adalah hari kita yang sesungguhnya. Sedih ibarat galau Seperti kata ini “Yang layak digalaukan bukan sesuatu yg akan pudar seiring waktu, Lebih pantas menggalau akan hari yg lebih panjang, masa yg lebih lama”. Apa  membuat kita sedih buang jauh-jauh dari hati.

Bersyukur setiap apa yang menimpa kita, seperti halnya saat kita terkena musibah kemalingan. Bukannya bersyukur karena Cuma perhiasan yang dicuri tetapi malah marah dan merengek nangis. Hanya perhiasan kan bisa dicari lagi kalau sampai dilukai bagaiman coba? Kan lebih parah.. bersyukur itu bukan hanya kita  mendapat rejeki melimpah tetapi setiap waktu kita harus bersyukur karena masih diberi kehidupan.

Jangan bersedih ketika hidup masih ditangan, masih bisa melakukan hal yang diinginkan. Bersyukur untuk obat sedih hati sesungguhnya manusia di ciptakan untuk selalu bersyukur kepada Allah.

Jangan bersedih hanya karena luka kecil tetapi bersyukur karena luka yang ada hanya kecil. Dan luka itu akan sembuh karena luka ditutup dengan rasa syukur yang kuat.

Jangan bersedih karena kesulitan hidup. Allah sudah menjawab kesulitanmu dengan 2 kemudahan yang di firmankan seperti ini “fa-inna ma'a l'usri yusraa. inna ma'a l'usri yusraa”. dan juga Allah menyuruh kita jangan bersedih tertuang dalam ayat yang artinya "manusia berserah diri kepada Allah dengan beramal soleh sekiranya menghadapi masalah atau kesusahan dengan kembali kepada Tuhan. Ingatlah, janganlah kamu bersedih kerana Allah sentiasa bersamamu."

Hidup  ini ada bukan untuk dibuat sedih tetapi untuk kita bersyukur pada sang pemberi hidup.



Previous
Next Post »

1 comments:

Anonim delete 8 Februari 2012 15.03

benar sekali, memelihara kesedihan dalam hati hanya akan melumpuhkan jiwa dan daya pikir kita, bangkitlah karena dibalik sulit dan sedih pasti ada kemudahan dan kebahagiaan :)

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini