1 Des 2011

Wujudkan kota nyaman dan sehat dengan SEGO SEGAWE

sepeda jogja, komunitas sepeda jogja,sego segawe
Mungkin tak banyak orang mengenal SEGO SEGAWE yang merupakan slogan dari kota Yogyakarta untuk mengerakan kembali sepeda untuk sekolah dan bekerja. memang aneh bila yang mendengar bukan orang jawa. istilahnya dalam bahasa jawa Singkatan dari SEGO SEGAWE yaitu sepeda kanggo sekolah lan nyambut gawe. Gerakan ini digunakan untuk menyehatkan, mengurangi polusi,menghemat BBM dan tentunya membuat kota menjadi nyaman.

Dengan satu langkah saja kita dapat membuat perubahan yang segnifikan terhadap diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Semisal cara ini de terapkan di kota-kota besar maka masalah utama kemacetan, polusi uadara dapat sangat mudah di atasi. Pemerintah pun dapat menghemat biaya subsidi BBM yang semakin membengkak. Di Jakarta tidak perlu lagi ada car free day karena di setiap hari sudah car free day.

Sulitnya untuk dapat berolahraga dapat di atasi jika SEGO SEGAWE diwujudkan. Lahan untuk kegiatan olahraga yang terbetas di kota-kota besar dapat diganti dengan bekerja ssehat dengan sepeda atau bersekolah hemat dengan sepeda.

Sepeda dapat menjadi solusi untuk tidak timbulnya kemacetan dijalanan. Macet hal yang tidak asing untuk kota sekelas Jakarta. Tidak ada solusi yang ampun untuk menangulangi kemacetan, padahal semakin tahun bertambah kendaraan bermotor. Dengan sepeda kemacetan akan dihapus dari kota dan melaju dengan lancer di setiap tikungan jalan.

Kota metropolis tidak lepas dari baying-bayang polusi udara yang menyertainya. Maka dengan pergerakan untuk bersepeda, polusi udara akan terselesaikan. Bagaimana tidak, polusi yang banyak dihasilkan oleh kendaraan bermotor akan berkurang dengan adanya sepeda.

Tidak hanya untuk kota, pemerintah pun akan mendapatkan manfaat. Berkurangnya volume kendaraan menjadikan pengguna BBM akan rendah. Kan dapat menghemat subsidi dan dapat membayar hutang Negara yang semakin besar saja.

Masalah yang muncul sekarang, apakah kesadaran untuk mewujudkan kota nyaman dan sehat itu ada dalam diri setiap orang? Saya menjadi ragu karena di Indonesia masyarakatnya terbilang masih gengsi dan hidup hedonisme. Ini terbanding terbalik ketika kita berkunjung ke Belanda. Menurut cerita kakak saya yang studi di sana, orang-orang senang bersepeda daripada naik mobil, jalan banyak dipenuhi sepeda. Tak terkecuali seorang direktur perusahaan. Apakah di Indonesia seorang pemimpin perusahan dapat melakukan itu?

Kesadaran untuk membentuk moral secara dini yang perlu ditumbuh kembangkan sehingga di kemudian hari anak yang di didik secara terstruktur akan lebih memperdulikan cara hidup yang benar. Pembentukan moral sangat penting untuk selalu menjaga kehidupan dari lingkungan yang dapat mempengaruhinya.

Bayangkan jika kegiatan bersepeda dapat terlaksana untuk sekolah dan bekerja, kota akan menjadi nyaman dan sehat bukan? Orang-orangnya pun akan hidup sehat dengan olahraga disetiap hari. Tidak lagi perlu takut untuk macet dijalan dan mengeluarkan uang untuk perjalanan.

Mari kita semua sadarkan diri kkita untuk hidup secara sehat untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman dan sehat. Bersama SEGO SEGAWE semua masalah dapat diselesaikan hanya tinggal tindakan dan pelaksanaan. Manfaat yang dapat di peroleh begitu besar, mengapa kita tidak memikirkan itu?

#Wujudkan Indonesia yang sehat dengan sepeda...
#Wujudkan indonesia yang nyaman dengan sepeda...
#Ubah Indonesia bebas polusi dengan sepeda...
#STOP GLOBAL WARMING dari sekarang..

 --------------------------------Go Green Indonesia-------------------------------------

Previous
Next Post »

1 comments:

Ejawantah's Blog delete 2 Desember 2011 11.11

Benar sekali dan saya setuu dengan kegiatannya. Semoga semakin banyak yang dapat mengikutinya.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Poskan Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini