25 Okt 2011

Kelunturan Budaya

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempunyai dampak yang cukup besar bagi keseluruhan sector dalam bidang kehidupan. Mungkin di pihak lain dapat menguntungkan dengan efesien dan efektif dalam mencapai sesuatu. Tetapi sessungguhnya banyak kerugian yang ditimbulkan dan berdampak pada kehidupan. Bagaimana budaya timur yang melekat pada bangsa indonesia sudah semakin melenceng dan condong kearah barat.

Budaya barat yang terkenal dengan kebebasannya semakin merasuki seluruh sector kehidupan. Missal saja maslah gaya berpakaian. Sekarang di Indonesia dikata wanita modern bila berpakaian dari bawah semakin keatas, yang atas semakin kebawah. Wauw..sudah pada pelit bahan pakaian apa ya?

Bukan hanya itu, kehidupan yang hedonisme membuat orang berlomba-lomba untuk mencari kekayaan untuk diri sendiri tanpa memperhatikan orang lain. Ini terbukti dengan banyak nya korupsi yang tak kunjung usai di negeri ini.hanya mencari sesuatu kepuasan untuk diri sendiri tanpa memperhatikan yang lain.  Dimana rasa toleransi kita? Padahal bangsa ini menjunjung tinggi  yang namanya rasa toleran pada sesama. Apakah akan orang-orang negeri ini acuh tak acuh seperti yang dialami anak yang terlidas mobil di china tanpa di perhatikan orang sekitarnya.

Belum berakhir sampai disitu, bangsa yang dulu terkenal dengan masyarakatnya yang suka saling bekerja sama menyelasikan pekejaan (gotong royong) sekarang seakan hilang. Di kehidupan daerah perkotaan sudah jarang kita jumpai gotong royong, adanya yang urusan sendiri2. Tetapi kita masih bisa lihat tradisi tersebut di daerah pedesaan. Masih menjadi budaya yang terjaga dan terpelihara dengan baik.

Contoh diatas merupakan contoh kecil dari kelunturan budaya bangsa. Masih banyak yang ada disekitar kita. Apa kita akan ikut melunturkan atau kita akan menjaga budaya yang telah ada? Buka mata hati dan lihat perjuangan para pejuang kita dalam memerdekakan negeri ini. Apa kita akan menghancurkan negeri sendiri?
Mari kita jaga budaya ala timur yang terkenal dengan sopan dan santunnya.

#enjoy life

Previous
Next Post »

4 comments

ASAZ delete 27 Oktober 2011 21.37

berlomba cari kekayaan boleh-boleh saja tapi jangan menggunakan segala cara

iyoxdeva delete 28 Oktober 2011 15.10

bener sekali,semakin hari budaya bangsa semakin memprihatinkan, apalagi dengan gencarnya media yang seakan mendewakan budaya lain ,membuat generasi muda Indonesia juga semakin tergerus sifat nasionalismenya

Rofiek delete 31 Oktober 2011 19.33

itu lah menjadi problema bangsa ini..

bukan semakin maju tetapi semakin mundur...ketika negara lain malah suka budaya kita, generasi muda kita seakan malah tak enal budaya kita sendiri..

kartika sari delete 4 November 2011 13.39

setuju pak dhe... kita harus menjaga budaya timur kita. yang santun dan rasa persaudaraan yang tinggi saling peduli satu sama lain. *ceilahhh* hehe :D

Poskan Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini