2 Jun 2011

Komunitas Pembawa Faktor Kesuksesan

selama menjadi mahasiswa kita tidak bisa hidup sendirian. Kita butuh teman lain yang seiring sejalan, senasib sepenanggungan selama mengarungi perjalanan kuliah. Maka tidak heran bila Anda perhatikan setiap satu angkatan atau bahkan satu kelas, mahasiswa selalu terpecah-pecah menjadi beberapa kelompok.

Namun mungkin tidak banyak yang memahami bahwa sebenarnya Anda bisa berhasil kuliah dengan mengoptimalkan pemanfaatan tali pertemanan yang kuat di gank Anda tersebut. Jadi gank Anda tidak hanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat bersenang-senang, happy-happy atau hura-hura semata. Gank tersebut bisa dimanfaatkan lebih jauh lagi yaitu untuk saling bahu membahu, dan bantu membantu dalam mensukseskan kuliah. 

Caranya bagaimana? Banyak cara yang bisa Anda lakukan. Terutama misalnya setiap ada tugas-tugas kuliah Anda bisa bertanya dan atau minta diajari kepada salah satu anggota gank. Ketika menjelang Ujian MID atau Ujian Akhir Anda dan teman-teman bisa belajar dan berlatih sama-sama untuk memecahkan soal-soal ujian yang telah lalu. Sehingga bila Ada soal yang dirasa sulit, maka Anda punya teman yang bisa membantu memecahkannya. Begitu pula teman gank Anda bisa membantu untuk mengurus berbagai keperluan administrasi di kampus, menginformasikan perkuliahan bila suatu saat ternyata Anda tidak bisa hadir ke kampus. Hingga akhirnya ketika menjelang pembuatan Skripsi, maka komunitas gank Anda ini bisa menjadi lingkungan yang sangat efektif untuk mendukung keberhasilan pembuatan Skripsi tersebut.

Coba Anda perhatikan, sebelum menggarap Skripsi biasanya Anda akan mulai disibukkan sekaligus dipusingkan dengan mencari topik yang tepat. Dengan gank Anda tersebut Anda bisa melakukan diskusi, brainstorming dan sharing mengenai beberapa topik yang potensial untuk diangkat. Mungkin teman satu gank Anda bisa memberikan masukan ide kepada Anda, begitu pula sebaliknya. Selain itu biasanya Anda secara tidak langsung akan saling berlomba, terpacu dan menyemangati satu sama lain untuk bisa sama-sama menulis Skripsi. Misalnya ketika Anda sudah bertekad untuk mengambil Skripsi di semester ini, maka tentu Anda akan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain bukan? Sehingga teman Anda nanti akan tersemangati juga. Bahkan bisa jadi motivasi teman Anda yang jadi ikut-ikutan Skripsi tersebut karena “gengsi” atau malu dan takut ketinggalan sama Anda, ya kan...?

Kemudian ketika topik Skripsi sudah Anda dapatkan dan mulai melakukan penulisan Skripsi, maka biasanya Anda akan menghadapi berbagai macam kendala seperti kalau di bidang eksak/teknik terhalang pada sisi rumus, program komputer, algoritma, dan lain sebagainya. Kalau di bidang sosial/humaniora misalnya terkendala pada masalah.

pengambilan data, survei, dll. Sehingga di masa-masa penuh kesulitan inilah teman-teman gank Anda akan menjadi penolong pertama untuk membantu memecahkan masalah tersebut. Kalian bisa saling mengajari, saling membantu dan berbagai macam bentuk bantuan lainnya. Sehingga penulisan Skripsi Anda bisa semakin mudah, ringan dan cepat. Karena kekuatan komunitas/gank itulah yang memungkinkan semuanya.
Tidak jauh dari mana-mana saya juga merasakan itu sekarang. Bagaikan satu hati dengan yang lain, selalu menutup kekurangan yang lain dan melengkapi nya.

Saya punya gank yang bernama “Devattos”. Awalnya bersama-sama dalam satu kelompok Tugas proyek eh ternyata sampai sekarang masih berjalan. Di tambah lagi sekarang membentuk sebuah gank yang tidak hanya hura-hura tetapi memikirkan massa depan. Satu tujuan bersama untuk maju tidak dalam lingkup kuliah saja tetapi lebih luas ke peluang usaha. mempunyai tugas masing-masing sehingga pekerjaan apapun dapat terselesaikan. 

semoga mahasiswa yang lain jadi terinspirasi untuk membuat gank yang positif.....

Previous
Next Post »

Poskan Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini