1 Jun 2011

Aktivitas Dieng Semakin Mengkwatirkan

Dieng suatu dataran tinggi yang terletak diantara kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo. Dataran yang penuh dengan pesona alam alami dan terdapat sebuah peninggalan sejarah berupa candi.


kini banyak di beritakan bahwa salah satu kawah yang ada di Dieng tiba-tiba aktif dan mengeluarkan gas Beracun. Aktivitas vulkanik Kawah Timbang di Gunung Dieng yang terletak persis di perbatasan Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terus mengalami peningkatan. Kondisi ini membuat jumlah pengungsi dari beberapa desa di Kecamatan Batur, Wonosobo, terus bertambah.  karena gas yang awal nya mengarah ke selatan sekarang mengarah ke barat yang terdapat kecamatan batur, Banjarnegara. 


Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Surono menjelaskan, keluarnya gas beracun dari rekahan tanah di sekitar kawah dimungkinkan karena dipicu konsentrasi gas yang kian meningkat serta aktivitas kegempaan yang terus terjadi. Camat Batur Sarkono mengatakan, sejak semalam hingga pagi hari, proses evakuasi dilakukan serta dibantu Palang Merah Indonesia dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Pihak pemerintaj kabupaten telah menyediakan dua lokasi evakuasi, yakni di SMA 1 Batur dan Balai Desa Batur.

Previous
Next Post »

1 comments:

Elsa delete 2 Juni 2011 17.18

semoga Dieng segera tenang deh
ada rencana trip kesana soalnya...

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini