18 Mar 2011

Os Google Chrome



Google Chrome OS adalah sistem operasi sumber terbuka yang dirancang oleh Google Inc. untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web. Google Chrome OS diumumkan pada tanggal  7 Juli 2009, dan versi stabilnya akan diluncurkan umum pada paruh kedua tahun 2010. Sistem operasi ini berbasis Linux dan hanya akan berjalan pada pada perangkat keras yang dirancang khusus. Antarmuka penggunanya dirancang mengambil pendekatan minimalis, seperti penjelajah web Google Chrome. Sistem operasi ini ditujukan bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Internet.
System operasi Chrome ini diklaim Google akan bekerja lebih baik dibandingkan Windows, Mac OS X, variasi Linux dan bahkan system operasi Android.  Menurut Google, dunia telah berganti dri model PC built-in untuk individu bekerja offline, menjadi bisnis sharing file antar tempat kerja secara online dimana saja dan kapan saja. Perpindahan tersebut secara otomatis mengurangi pentingnya proses power dan kompleksitas system operasi. Alasan lainnya adalah untuk kemudahan user ketika update status Facebook, editing foto atau video yang membutuhkan kecepatan dan daya tahan baterai yang lama.
Ide Google ini memiliki tujuan, untuk membuat system operasi yang cepat, aman, dan ringan untuk dijalankan di device portable. Google Chrome OS ini bekerja dengan metode baru ‘windowing’ atau switching antara multi aplikasi. Dengan adanya user interface baru ini dapat menangani penyimpanan data, file dan aplikasi. Selain itu, Google Chrome OS ini juga akan menggunakan standard web seperti HTML 5, yang merupakan pengembangan software di browser yang berbasis system operasi, yang mudah dipahami developer di era Web 2.0 sekarang ini.
Namun, ide system operasi Chrome OS ini bukan yang pertama, karena sebelumnya Palm telah merilis WebOS di Palm Pre sebagai pengembangan web-friendly di engine browser yang berbasis Linux. Google Chrome OS ini memiliki cakupan lebih luas dibanding WebOS dari Palm, yang memiliki semua aplikasi dan layanan web yang bisa dilakukan melalui komputer, termasuk mengirim email, mengirim dokumen, edit foto, dan browsing web.
“Perbedaan utama Android dan Chrome OS ini, jika Android didesain dari variasi device mulai ponsel hingga netbook. Sedangkan Chrome dibuat untuk orang yang menghabiskan banyak waktunya untuk browsing web, dan didesain untuk power komputer range netbook kecil hingga system desktop full-size.” ungkap Google.
Google mencoba melakukan tes dengan menghadirkan Chrome OS pada notebook untuk para pengguna, pengembang, sekolah dan bisnis. Notebook yang dijadikan tester oleh Google, tidak memiliki merk dan tidak berlogo. Notebook ujicoba tersebut menggunakan layar 12,1 inci yang mampu bertahan selama 8 jam penggunaan. Notebook dengan Chrome OS merupakan bentuk ujicoba Google untuk merancang sistem operasi yang cepat, mudah digunakan baik oleh teman ataupun kerabat. Notebook ini memiliki kecepatan login, sederhana dan membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk dapat dioperasikan oleh pengguna. Google merencanakan untuk mengintegrasikan Chrome OS pada beberapa merek terkemuka di pasar notebook di semester pertama tahun 2011.

Google akan segera meluncurkan Operating Systemnya yang di klaim 100%
Bagi semua Kalangan, apa saja kelebihan dari OS Chrome dari Google setelah di uji coba?
Ini di jawabannya :
1. Sistem Operasi TERBAIK dan definitif baik untuk Personal Computer dan Server !

2. OS Chrome 100% GRATIS untuk penggunaan pribadi dan komersial, tidak ada satu sen untuk membayar

3. DUA KALI LEBIH CEPAT daripada Windows XP dan Mac OSX dan TIGA KALI LEBIH CEPAT daripada Vista!

4. Hampir SEMPURNA Windows XP dan Mac OSX Emulation software built-in!

5. OS Google chrome bisa menjalankan hampir 99% perangkat lunak ( Software) asli dan dari SEMUA Windows XP, Vista dan Mac OSX software!

6. System Requirement MINIMAL kebutuhan hardware: 600 MHz processor, 256MB Ram, 1.5GB hard disk space!

7. Bisa digunakan pada Tablet PC, PC dan versi Mobile juga tersedia

8. Bisa Otomatis PARALEL dengan kecepatan tinggi pada pengolahan dengan Dual dan Quad Core prosesor!

9. Mendukung multicore

10. Kemudahan yang sangan fantastis dalam instalasi, hanya menyalin Google OS pada HDD yang diformat kemudian secara otomatis dia bisa menginstalnya sendiri!

11. Support dengan format hard disk FAT32, NTFS, Linux

12. Google OS memproteksi kernel, HDD sistem file dan file sistem Google OS STOP dari semua hampir jenis Virus dan Spyware!

13. Ratusan software GRATIS dengan men-download termasuk Google OS (Microsoft Office 100% kompatibel!) GoOffice Suite!

14. Sempurna menjalankan Google Chrome, GMail dan seluruh Google Docs, aplikasi dan layanan!

15. Tidak ada online dan offline periklanan, NO virus, spyware NO, NO registrasi software bagi pengguna, pokonya semua GRATIS!

16.Di Google OS Chrome tidak terlalu tampak banyak task bar yang membingungkan.



Tampilan 
Meskipun saya belom menginstal OS ini, saya akan mencoba memberikan sedikit gambaran gimana bentuk dari OS garapan raksasa internet Google ini.. Google Chrome OS merupakan proyek besar Google yang berambisi untuk bisa menggantikan OS yang telah beredar luas didunia ini, yaitu MAC dan Microsoft. dari artikel2 yang saya baca di i-Net, Google Chrome OS masih berbasiskan Kernel Linux.
beberapa screenshot yang lebih menonjolkan beberapa fungsi fitur di dalam fitur Google Chrome OS, seperti di bawah ini:
1.          Menu Aplikasi Googlee Chrome OS

2.          Browser Media Google Chrome OS

3.          Fitur Cloud Storage Google Chrome OS
Apa saja yang kita simpan di dalam Google Chrome OS akan dimasukkan seperti aplikasi notepad dimana akan disinkronkan dengan Google Docs, fitur ini yang disebut dengan Cloud Storage.



4.          Mengganti halaman Chrome pada Google Chrome OS


sedikit tentang OS chrome yang masih dalam pengembangan pihak google. hehehe...

sumber:
google.com
www.mazumam.web.id

Previous
Next Post »

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini