2 Mei 2010

Tutorial Penggunaan Aplikasi

PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI
I. Installasi Aplikasi
Merupakan proses untuk menginstall software yang sudah kami siapkan di CD Program. Di dalam CD yang telah disediakan klik 2 kali Setup.exe

 Klik Lanjut> terus sampai selesai
 Finish
 Jalankan Program dengan membuka :
Start Menu – All Program – NALA APLIKASI – NALA_Aplikasi.exe


Master Barang
Form ini berfungsi untuk memasukkan Master Data Barang yang disediakan pada pertokoan anda, dengan membuka menubar Master Data – barang maka akan keluar form sbb :







Tambah Data
 Klik Tambah
 Isikan Id,nama dan kategori dll
 Klik Simpan
 Edit Data
 Klik Edit
 Isikan Id,nama, kategori dll
 Klik Simpan
 Hapus Data
 Klik Kanan Grid, dan pilih Hapus
 Jika keluar konfirmasi [YES,NO] tekan tombol [YES]
 Cari Data
 Pada kotak pencarian ketikkan nama (keyword) yang akan dicari
Untuk mencari dengan option yang lain, klik kanan kotak pencarian dan pilih option yang telah disediakan.

Master Pelanggan
Form ini berguna untuk memasukkan dan menghapus data pelanggan, dengan membuka menubar Master Data – pelanggan maka akan keluar form sbb :





 Tambah Data
 Klik Tambah
 Masukkan Id,nama,alamat dll
 Password digunakan saat Login pada Aplikasi Login Karyawan
 Klik Simpan
 Edit Data
 Klik Edit
 Masukkan Id,nama,alamat yang akan diedit (atau lainnya)
 Klik Simpan
 Hapus Data
 Klik kanan pada grid dan pilih Hapus Data
 Untuk pesan konfirmasi tekan YES



Master Supplier
Form untuk menambah dan menghapus data master supplier/ distributor dimana barang barang toko tersebut akan dibeli, dengan membuka menubar Master Data – supplier maka akan keluar form sebagai berikut :





 Tambah Data
 Klik Tambah
 Masukkan Id,nama,alamat dll
 Klik Simpan
 Edit Data
 Klik Edit
 Masukkan Id,nama,dll
 Klik Simpan
 Hapus Data
 Klik kanan pada grid dan pilih Hapus Data


Pembelian Barang
Form ini berguna untuk mencatat transaksi pembelian barang ke supplier, dengan membuka menubar transaksi – pembelian maka akan keluar form sebagai berikut :




 Tambah Baru
 Klik Tambah
 Maka akan keluar form untuk transak
 Pilih nama supplier di kotak supplier
 Ketikkan nama barang yang akan dibeli (barang sudah tersimpan di master barang)
 Tekan F8 untuk menyimpan data
 ESC untuk membatalkan penyimpanan




Penjualan Barang
Form ini berguna untuk mencatat transaksi pen barang ke supplier, dengan membuka menubar transaksi – pembelian maka akan keluar form sebagai berikut :




Untuk penjualan tidak jauh berbeda dengan pembelian barang, hanya saja saat penjualan kas yang akan dipakai akan bertambah berbeda dengan pembelian kas akan berkurang, dan juga pada qty barang saat penjualan akan berkurang secara otomatis begitu juga sebaliknya saat pembelian barang.


Pengeluaran
Form ini berguna untuk mencatat pengeluaran harian atau bulanan pada toko, seperti pembayaran Listrik, Telepon, dll. Dengan membuka menubar Pengeluaran maka akan keluar form sbb :





 Tambah Baru
 Klik Tambah
 Masukkan Kode Biaya / Pengeluaran atau jenis pengeluarannya
 Masukkan Kode Kas yang akan digunakan untuk membayar pengeluaran tsb
 Masukkan Jumlah
 Tekan Simpan




Laporan Penjualan
Form ini berisi tentang laporan laporan transaksi penjualan yang telah terjadi di toko anda, dengan membuka tab Laporan Penjualan maka akan keluar form sbb :






• Klik laporan yang ingin anda lihat, umpama laporan penjualan cash, anda tinggal centangi Penjualan cash.
• Klik Preview untuk melihat transaksi penjualan.
• Klik Print untuk mencetak laporan, bias menggunakan printer dot matrix maupun printer tinta.




Laporan Grafik
Form ini berisi tentang grafik penjualan pertahun dan perbulan, dengan membuka menu Grafik di tab Laporan maka akan keluar form sbb :




 Klik Bulan jika mau melihat grafikmenurut bulan
 Pilih bulan yang akan anda lihat grafiknya
 Klik Tahun Jika ingin melihat grafik tahunan
 Pilih tahun yang mau di lihat grafiknya




Ganti Password
Form ini berfungsi untuk mengganti password anda, dengan membuka menu Psassword maka akan keluar form sbb :






• Maukkan password lama anda, jika pertama kali berarti kosong
• Masukkan password baru yang anda inginkan
• Masukkan lagi password yang tadi di masukkan untuk konfirmasi
• Klik Change



Backup database
Form ini berguna untuk memindahkan database ke tempat/ drive lain supaya jika sewaktu-waktu jika kena firus atau kerusakan kita tidak lagi repot-repot mengimputkan data barang yang ada di toko , dengan membuka Database – Backup database, maka akan keluar form sbb :





• Klik Browse untuk memilih dimana akan di simpan
• Klik Save
• Tunggu sampai selesai


Import Database
Form ini berguna untuk mengembalikan data jika anda menginstall ulang program, dengan membuka Database – Import Database maka akan keluar form sbb :








• Klik Browse untuk memilih dimana anda menyimpan data
• Klik Load
• Tunggu sampai selesai

Previous
Next Post »

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini