3 Mar 2010

laporan Tugas Ke-1 kel. 8 Kelas. F

Kelompok Kelas F:

ANDI ROFIK : 08018351

NOKI HAMDA : 08018345

ALAIK FADILA : 08018371

LUSIA PUSVITA DEWI : 08018323

TUGAS INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

BORLAND DELPHI

A. PENDAHULUAN

Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Produk ini dikembangkan oleh Borland (sebelumnya dikenal sebagai Inprise). Bahasa Delphi, yang sebelumnya dikenal sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Linux dan Microsoft .NET framework (lihat di bawah). Dengan menggunakan Free Pascal yang merupakan proyek opensource, bahasa ini dapat pula digunakan untuk membuat program yang berjalan di sistem operasi Mac OS X dan Windows CE.

Delphi ada beberapa versi antara lain:

1. Delphi versi 1 (berjalan pada windows 3.1 atau windows 16 bit)

2. Delphi versi 2 (Berjalan pada windows 95 atau delphi 32 bit)

3. Delphi versi 3 (berjalan pada windows 95 keatas dengan tambahan fitur internet atau web)

4. Perkembangan selanjutnya diikuti dengan Delphi versi 4, 5 dan 6.

5. Versi terkini dari delphi adalahversi 7 dengan tambahan vitur .net dengan tambahan file XML

Lingkungan pengembangan Delphi

Umumnya delphi lebih banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop dan enterprise berbasis database, tapi sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose ia juga mampu dan digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software. Ia juga yang dikenal sebagai salah satu yang membawa istilah RAD tool, kepanjangan dari Rapid Application Development, saat dirilis tahun 1995 untuk windows 16-bit. Delphi 2, dirilis setahun kemudian, mendukung lingkungan windows 32-bit, dan versi c++, C++Builder, dirilis beberapa tahun kemudian. Pada tahun 2001 sebuah versi linux yang dikenal sebagai Kylix tersedia. Dengan satu rilis baru setiap tahunnya, pada tahun 2002 dukungan untuk Linux (melalui Kylix dan CLX component library) ditambahkan dan tahun 2003 .NET mulai didukung dengan munculnya Delphi.Net (Delphi 8).

Kini sudah keluar juga untuk versi .NET terbaru yaitu RAD Studio 2007 dan Turbo Delphi .NET dengan versi desktopnya yaitu Delphi 2007 for win 32 dan Turbo Delphi.

Chief Architect yang membidani Delphi, dan pendahulunya Turbo Pascal, adalah Anders Hejlsberg sampai kemudian ia pindah ke Microsoft tahun 1996 di mana ia sebagai chief designer C# dan termasuk orang kunci dalam perancangan Microsoft .Net Framework. Dukungan penuh untuk .Net ditambahkan pada Delphi 8 (dirilis pada bulan Desember 2003) dengan penampilan user interface (look and feel) mirip dengan Microsoft Visual Studio .NET.

Delphi 2005 (nama lain dari Delphi 9) mendukung code generation baik untuk win32 maupun .NET, dan seperti yang telah dikenal, fitur-fitur manipulasi data secara live dari database secara design-time. Ia juga membawa banyak pembaruan pada IDE secara signifikan.

Para penganjur delphi mengklaim dengan bahasa pemrograman Delphi, IDE dan component library (VCL/CLX) yang disediakan oleh vendor tunggal memungkinkan satu paket yang lebih konsisten dan mudah dikenali. Produk delphi ini didistribusikan dalam beberapa rancangan: Personal, Professional, Enterprise (sebelumnya Client/Server) dan Architect.



Keunggulan Delphi

1. IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.

2. Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.

3. Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi.

4. Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.

B. PENJELASAN PIRANTI DALAM DELPHI

A. Kegunaan

Delphi adalah suatu bahasa pemograman (development language) yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi program. Kegunaan Delphi :

1. untuk membuat aplikasi windows

2. Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis

3. Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server)

4. Untuk merancang program .Net (berbasis internet).

IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program. Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah. Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi. Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi. Selian itu Delphi mempunyai database sendiri bawaan Borland.

B. Text Entry

Berikut ini Trik pemograman delphi untuk Manipulasi Input Angka menjadi Format Rupiah (Ribuan) , berikut langkah-langkahnya:

1. Buat Project baru

2. Pada form, tambahkan component Edit ( Tedit )

3. Pada Component TEdit,Lihat code pada Event OnKeyPress berikut.

Code ini untuk validasi input... (yg diinput hanya angka saja)

procedure Tf_main.Edit1KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);

begin

//jika yg dinput selain angka (0..9) anda backspace ( #8 ) , input dimatikan

if not(key in['0'..'9',#8]) then

key:=#0

end;

4. Pada Component TEdit,Event OnKeyUp tambahkan code berikut.

Code ini unntuk format angka ke rupiah atau sebaliknya

procedure Tf_main.Edit1KeyUp(Sender: TObject; var Key: Word;

Shift: TShiftState);

var

sRupiah: string;

iRupiah: Currency;

begin

//ribuan --> currency ( menyesuaikan setting windows )

sRupiah := Edit1.Text;

sRupiah := StringReplace(sRupiah,',','',[rfReplaceAll,rfIgnoreCase]); // hilangkan char koma , pemisah //ribuan selain IDR

sRupiah := StringReplace(sRupiah,'.','',[rfReplaceAll,rfIgnoreCase]); //remove char titik . pemisah //ribuan IDR

iRupiah := StrToCurrDef(sRupiah,0); // convert srupiah ke currency

//currency --> format ribuan

edit1.Text := FormatCurr('#,###',iRupiah);

edit1.SelStart := length(edit1.text);

end;

C. Positioning, pointing dan drawing

Dalam aplikasi ini drawing juga diperlukan, karena aplikasi ini digunakan untuk membuat desain untuk mempercantik aplikasi.

Pemilihan warna text bisa di atur dengan memilih font color pada object inspector, dan untuk tampilan warna yang lain di pilihan Object Inspector à Properties à Color

D. Virtual Reality/3D

Untuk tingkat transparan form,button,dll pada Delphi dengan mengatur AlphaBlendValue pada Object Inspector à Properties

E. Memori

Memori project Delphi tergantung Database yg dipakai dalam pembuatan software.

F. Salah Satu Task Yang Dikerjakan Dengan Delphi

Membuat Software Aplikasi penjualan berbasis desktop

G. Ergonomi

Delphi mampu untuk menciptakan berbagai aplikasi online ataupun yang berbasis desktop dimana securitynya bisa sesuai dengan kemampuan programmernya.

H. Elemen-Elemen WIMP

Pada Delphi elemen – elemen WIMP bisa di sesuaikan dengan Aplikasi yang di buat, atau juga bisa di buat sendiri di luar Delphi (contoh iconnya di buat dengan menggunakan photoshop)

C. KESIMPULAN

Borland Delphi adalah suatu program berbasis bahasa Pascal yang berjalan dalam lingkungan Sistem Operasi Windows. Borland Delphi dapat membantu untuk membuat berbagai macam aplikasi mulai dari sebuah program sederhana sampai dengan program yang berbasiskan client/server atau jaringan. Borland Delphi, termasuk aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah teks, grafik, angka, database dan aplikasi web.

Untuk mempermudah pemrogram dalam membuat program aplikasi, Borland Delphi menyediakan fasilitas pemrograman yang sangat lengkap. Fasilitas pemrograman tersebut dibagi dalam dua kelompok, yaitu object dan bahasa pemrograman. Secara ringkas object adalah suatu komponen yang mempunyai bentuk fisik dan biasanya dapat dilihat (visual). Object biasanya dipakai untuk melakukan tugas tertentu dan mempunyai batasan-batasan tertentu. Sedangkan bahasa pemrograman secara singkat dapat disebut sebagai sekumpulan teks yang mempunyai arti tertentu dan disusun dengan aturan tertentu serta untuk menjalankan tugas tertentu. Gabungan dari object dan bahasa pemrograman ini sering disebut sebagai bahasa pemrograman berorientasi object atau Object Oriented Programming (OOP)

Previous
Next Post »

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini